Efektivitas Metode Peer Reading terhadap Pembelajaran Dokkai Pada Mahasiswa Semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA

sukmara, Rina Efektivitas Metode Peer Reading terhadap Pembelajaran Dokkai Pada Mahasiswa Semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA. Jurnal JJEL Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Penelitian Rina Sensei 100% (1)-1.pdf]
Preview
Text
Penelitian Rina Sensei 100% (1)-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dan efektivitas metode Peer Reading terhadap pembelajaran dokkai pada mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA. Penelitian ini untuk mencari solusi dalam memahami isi bacaan berbahasa Jepang, dengan uji coba Metode Peer Reading pada pembelajaran dokkai. Metode Peer Reading yaitu salah satu metode yang termasuk dalam Peer Learning, dimana pembelajaran dilakukan bersama rekan sebaya. Peer Learning terdiri dari beberapa macam yaitu Peer Listening dalam pembelajaran mendengarkan (choukai), Peer Review dalam pembelajaran menulis (sakubun) dan Peer Reading dalam pembelajaran membaca (dokkai). Dalam pembelajaran dengan menggunakan Peer Learning, pengajar tidak menjadi pusat seperti halnya dalam pembelajaran dengan metode konvensional. Pengajar hanya bertugas memantau kegiatan antar pembelajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain “The Pre-Post Test Control Group Design”. Sampel atau sumber data penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA . Berdasarkan tabel paired sample test dengan menggunakan SPSS didapat nilai sig 0,000. Karena nilai sig = 0,000 < 0,005 maka tolak H0 atau terima H1 atau dengan kata lain terdapat terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre test dan post test antara sebelum dan sesudah penerapan metode Peer Reading terhadap hasil kemampuan pemahaman wacana Bahasa Jepang (Dokkai). Berdasarkan hasil rata rata nilai pre test dan post test, kita dapat mengetahui bahwa nilai pre test sebelum diberikan treatment adalah sebesar 70,84 dan nilai post test setelah diberikan treatment adalah 82,42. Maka dapat kita lihat bahwa rata rata nilai dokkai mahasiswa naik 11,58 poin. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode peer reading efektif terhadap pembelajaran dokkai pada mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > DE The Mediterranean Region. The Greco-Roman World
Depositing User: Rina Sukmara
Date Deposited: 25 Aug 2020 09:39
Last Modified: 25 Aug 2020 09:39
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/2960

Actions (login required)

View Item View Item