Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial dan Motivasi terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Rosyidah, Ghina (2020) Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial dan Motivasi terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of FEB_MNJ_1402015073_Ghina Rosyidah.pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1402015073_Ghina Rosyidah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari setiap variabel yang diteliti, yakni antara Pemanfaatan Media Sosial dan Motivasi terhadap Minat Berwirausaha. Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Prof. DR. HAMKA yang berjumlah 160 mahasiswa. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan dengan purposive sampling maka didapat sampel berjumlah 114 orang sebagai responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengukurannya menggunakan skala likert. Teknik pengolahan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji kualitas data, analisis linier berganda, uji asumsi klasik, analisis koefisien korelasi, analisis koerfisien determinasi dan uji hipotesis. Kemudian data diproses menggunakan analisis regresi linier berganda dengan diolah menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% menemukan bahwa: (1) Pemanfaatan Media Sosial berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Minat Berwirausaha, (2) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Minat Berwirausaha, dan (3) Pemanfaatan Media Sosial dan Motivasi secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:34
Last Modified: 10 Oct 2023 02:10
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29500

Actions (login required)

View Item View Item