Pengaruh Pemahaman Informasi Akuntansi, Penetapan Harga, Lokasi, Organisasi dan Pemahaman Teknologi Digital terhadap Kemajuan UMKM (Fokus Penelitian kepada Pelaku Bisnis Foodtruck)

Riyantomo, Randhika Riza (2022) Pengaruh Pemahaman Informasi Akuntansi, Penetapan Harga, Lokasi, Organisasi dan Pemahaman Teknologi Digital terhadap Kemajuan UMKM (Fokus Penelitian kepada Pelaku Bisnis Foodtruck). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1802015161_Randhika Riza Riyantomo.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1802015161_Randhika Riza Riyantomo.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Informasi Akuntansi, Harga, Lokasi, Organisasi, Teknologi Digital terhadap Kemajuan UMKM. Populasi penelitian ini sebanyak 63 pemilik foodtruck baik yang mengikuti organisasi maupun yang tidak seluruh indonesia. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh 55 (lima puluh lima) pemilik foodtruck. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa Informasi Akuntansi dan teknologi digital berpengaruh secara tidak signifikan terhadap Kemajuan UMKM. Sedangkan variabel Harga, Lokasi, dan Organisasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemajuan UMKM. Informasi Akuntansi, Harga, Lokasi, Organisasi, dan Teknologi Digital secara simultan berpengaruh positif terhadap Kemajuan UMKM, yang diterima dengan nilai R Square yaitu sebesar 0.523 yang berarti bahwa Kemajuan UMKM dapat dijelaskan oleh Informasi Akuntansi, Harga, Lokasi, Organisasi, dan Teknologi Digital sebesar 52,3% sedangkan sisanya sebesar 47,7% (100%-52,3%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi lain seperti latar belakang, latar pendidikan , dan umur pemilik foodtruck.
Diharapkan bagi peneliti selanjutnya, dapat mengganti ataupun menambah variabel bebas yang dapat mempengaruhi Kemajuan UMKM seperti latar belakang pemilik foodtruck atau memperluas area sebaran sampel agar memberikan pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 28 Sep 2023 03:29
Last Modified: 28 Sep 2023 03:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29460

Actions (login required)

View Item View Item