Iswandi, Iswandi (2019) Pengaruh Kepemimpinan Kharismatik Kepala sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Mutu Layanan Pendidikan di Sekolah Dasar Swasta Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Preview |
Text
SPS_MAP_1709037047_ISWANDI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada alasan bahwa dari hasil pengamatan sementara motivasi kerja guru masih rendah, motivasi kerja guru sangat penting dalam konteks
pendidikan, dengan kualitas motivasi kerja guru yang baik, hasil pendidikan akan dapat dicapai secara maksimal. Selanjutnya dirumuskan masalah pengaruh kepemimpinan kharismatik kepala sekolah terhadap Mutu Layanan Pendidikan di Sekolah Dasar Swasta kecamatan Pamulang Tangerang Selatan, pengaruh Motivasi kerja Guru terhadap mutu layanan Pendidikan di Sekolah Dasar Swasta kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan, pengaruh kepemimpinan kharismatik kepala sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru di Sekolah Dasar Swasta Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Swasta Kecamatan Pamulang Kota
Tangerang Selatan, selama enam bulan mulai dari bulan Juni 2019 sampai bulan November 2019. Instrumen diuji validitasnya dengan mengujicobakan instrumen kepada 30 guru dalam populasi di luar sampel penelitian. Data hasil uji coba di analisis menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Pearson dengan kriteria jika koefisien korelasi rhitung> rtabel pada taraf kesalahan α = 0,05, maka butir-butir pernyataan tersebut dinyatakan valid. Instrumen yang dianggap memenuhi syarat kesahihan adalah butir pernyataan yang mempunyai koefisien korelasi (Corrected Item Total Correlation) rhitung > rtab pada taraf kesalahan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 19. Reliabilitas instrumen adalah tingkat keajegan kemampuan hasil dari dua pengukuran atau lebih terhadap hal yang sama. Perhitungan reliabilitas untuk variabel budaya Motivasi dalam penelitian ini menggunakan rumus Alpha Cronbach. Penelitian ini menguji tiga hipotesis guna mendapatkan hasil uji yang dapat dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan kesimpulan. Secara rinci ketiga hipotesis tersebut diuji dalam setiap topik penyajian hasil.
Dari rumusan masalah dan hipotesis penelitian yang diajukan di atas dapat disimpulkan: Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan kharismatik kepala sekolah sebesar 40,88% terhadap mutu layanan pendidikan guru. Dengan persamaan regresi sederhana: X3 = 43,448+0,692X1, bahawa setiap perubahan kenaikan kepemimpinan kharismatik kepala sekolah sebesar satu satuan, maka perubahan tersebut dapat mempengaruhi perubahan bagi peningkatan mutu layanan pendidikan guru sebesar 0,692 pada arah positif dengan konstanta 43,448 artinya kepemimpinan kharismatik yang efektif, meningkatkan mutu layanan pendidikan guru. Terdapat
pengaruh langsung positif motivasi kerja guru sebesar 69,7% terhadap mutu layanan pendidikan guru . Dengan persamaan regresi sederhana: X3 = 19,125 + 0,874X2, bahwa setiap perubahan kenaikan motivasi kerja guru sebesar satu satuan, maka perubahan tersebut dapat mempengaruhi perubahan bagi peningkatan mutu layanan pendidikan guru sebesar 0,874 pada arah positif dengan konstanta 19,125 artinya motivasi kerja
guru yang tinggi, meningkatkan mutu layanan pendidikan guru. Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan kharismatik kepala sekolah sebesar 61,9% terhadap motivasi kerja guru . Persamaan regresi sederhana: X2=25,343+ 0,812 X1, bahwa setiap perubahan kenaikan kepemimpinan kharismatik kepala sekolah sebesar satu satuan, maka perubahan tersebut dapat mempengaruhi perubahan bagi peningkatan motivasi kerja guru sebesar 0,812 pada arah positif dengan konstanta 25,343 artinya kepemimpinan kharismatik kepala sekolah yang efektif, meningkatkan motivasi kerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | libsps libsps libsps |
Date Deposited: | 28 Sep 2023 02:11 |
Last Modified: | 28 Sep 2023 02:14 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29438 |
Actions (login required)
View Item |