Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Kepemilikan Manajerial terhadap Kinerja Perusahaan pada Perusahaan Sektor Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020

Pratami, Artidya (2022) Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Kepemilikan Manajerial terhadap Kinerja Perusahaan pada Perusahaan Sektor Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1802015127_Artidya Pratami.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1802015127_Artidya Pratami.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan dan kepemilikan manajerial terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 26 perusahaan makanan dan minuman. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Selama periode 2016-2020 (5 tahun), terdapat 11 sampel perusahaan yang memenuhi kriteria penelitian. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan (annual report) yang di publikasikan oleh Bursa Efek Indonesia.
Hasil penelitian dihitung menggunakan Microsoft Excel dan Software Program Service Solution (SPSS) versi 22.0. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur modal secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan dibuktikan dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh negatif terhadap kinerja perusahaan dibuktikan dengan tingkat signifikansi 0,403 > 0,05. Sedangkan kepemilikan manajerial secara parsial berpengaruh negative terhadap kinerja perusahaan dibuktikan dengan tingkat signifikansi 0,115 > 0,05. Sedangkan secara simultan struktur modal, ukuran perusahaan dan kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap kinerja perusahaan dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05. Kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat dalam penelitian ini dapat dilihat pada nilai Adjusted R Square sebesar 0,540 atau 54% variabel kinerja perusahaan dapat dijelaskan oleh variable struktur modal, ukuran perusahaan dan kepemilikan manajerial sedangkan sisanya 46% dijelaskan oleh variabel lain seperti tata kelola perusahaan, umur perusahaan, likuiditas, biaya lingkungan, manajemen laba.
Bagi perusahaan disarankan memperhatikan struktur modal, ukuran perusahaan, dan kepemilikan manajerial untuk meningkatan kinerja perusahaan. Hal ini bertujuan agar perusahaan dapat menentukan kombinasi yang tepat antara penggunaan utang dan modal kerja sendiri sehingga dapat memberikan manfaat dan menyeimbangkan antara risiko dengan benefit yang diperoleh perusahaan. Sedangkan bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel lainnya dan menambahkan sampel perusahaan yang lebih banyak sehingga memungkinkan hasil yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 26 Sep 2023 04:03
Last Modified: 26 Sep 2023 04:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29353

Actions (login required)

View Item View Item