Pengaruh Total Quality Management, Sistem Penghargaan, Sistem Pengukuran Kinerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Manajerial pada Kantor Pusat PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Nurinsan, Muhammad Ilham (2022) Pengaruh Total Quality Management, Sistem Penghargaan, Sistem Pengukuran Kinerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Manajerial pada Kantor Pusat PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1802015115_Muhammad Ilham Nurinsan.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1802015115_Muhammad Ilham Nurinsan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh total quality
management, sistem penghargaan, sistem pengukuran kinerja dan komitmen
organisasi terhadap kinerja manajerial pada Kantor Pusat PT. Bank Rakyat
Indonesia (Persero) Tbk.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive
sampling yaitu untuk mengetahui atau menjelaskan pengaruh antara variabel satu
terhadap variabel lain. Variabel yang diteliti adalah Total quality management
(X1), sistem penghargaan (X2), sistem pengukuran kinerja (X3), komitmen
organisasi (X4) dan kinerja manajerial (Y). Data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah data primer dengan divisi-divisi di kantor pusat BRI sebagai sampel dan
teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Metode
teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis
adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.
Hasil persamaan regresi linier berganda Ŷ = 6,017 + 0,265 X1 + 0,049 X2
+ 0,079 X3 – 0,039X4. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa tidak adanya multikolinieritas karena tolerance kelima variabel nilainya > 0,1 dan nilai VIF
kelima variabel nilainya < 10, tidak adanya heteroskedastisitas pada grafik
scatterplot karena titik-titik menyebar secara acak di atas maupun dibawah angka
0 pada sumbu y dan grafik normal plot menunjukkan pola distribusi normal
karena titik-titik menyebar di sekitar garis diagonal dan penyebarannya mengikuti
arah garis diagonal.
Hasil dari uji t (parsial) mengindikasikan bahwa variabel total quality
management berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kinerja manajerial.
Sedangkan variabel sistem penghargaan, sistem pengukuran kinerja dan
komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap variabel kinerja manajerial.
Hasil dari uji F (simultan) mengindikasikan bahwa variabel total quality
management, sistem penghargaan, sistem pengukuran kinerja dan komitmen
organisasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja
manajerial dengan nilai F hitung 25,101 > F tabel 2,45 dan tingkat signifikansi
0,00 < 0,05.
Kontribusi penelitian dari penelitian ini adalah adanya variabel independen
baru yang digunakan serta objek, populasi dan sampel yang berbeda daripada
penelitian sebelumnya dengan konteks judul yang sama. Diharapkan pada
penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel-variabel lain selain variabel
saat ini yang mungkin dapat berpengaruh lebih banyak lagi terhadap kinerja
manajeria.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:45
Last Modified: 10 Oct 2023 01:36
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29345

Actions (login required)

View Item View Item