Pengaruh Profitabilitas, Earning Per Share, dan Struktur Modal terhadap Harga Saham pada Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia

Aisyah, Putri (2022) Pengaruh Profitabilitas, Earning Per Share, dan Struktur Modal terhadap Harga Saham pada Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1802015105_Putri Aisyah.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1802015105_Putri Aisyah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Profitabilitas, Earning Per Share, dan Struktur Modal terhadap Harga Saham pada perusahaan pertambangan periode 2016 – 2020. Sampel yang digunakan sebanyak 10 (sepuluh) perusahaan pertambangan dengan metode purposive sampling (berdasarkan kriteria tertentu). Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS versi 25.
Berdasarkan hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara parsial profitabilitas dan earning per share berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Struktur modal tidak berpengaruh terhadap harga saham. Sedangkan, secara simultan profitabilitas, earning per share, dan struktur modal berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan masih belum mampu mengelola struktur modal dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan tidak berpengaruh variabel struktur modal, sebab investor lebih mengambil keuntungan dari hutang terhadap ekuitas sehingga risikonya besar dan membuat harga saham menurun. Maka, perusahaan lebih memperhatikan struktur modalnya agar risiko yang dihadapinya sedikit.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:10
Last Modified: 26 Sep 2023 03:10
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29338

Actions (login required)

View Item View Item