Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kompleksitas Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Sosialisasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM pada KPP Pratama Jakarta Kramat Jati

Saputri, Annisa Dewi (2022) Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kompleksitas Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Sosialisasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM pada KPP Pratama Jakarta Kramat Jati. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1802015085_Annisa Dewi Saputri.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1802015085_Annisa Dewi Saputri.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan pajak, kompleksitas pajak, sanksi perpajakan dan sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak yang berada di KPP Pratama Jakarta Kramat Jati.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak UMKM yang terdaftar di KPP Pratama Jakarta Kramat Jati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Responden yang diteliti sebanyak yaitu 100 wajib pajak UMKM dengan menggunakan metode Purposive Sampling dengan kriteria yang sudah ditentukan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Structural Equation Modelling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) diolah dengan menggunakan software SmartPLS 3.3.9.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan pajak dan sanksi perpajakan berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM sedangkan kompleksitas pajak dan sosialisasi perpajakan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. Nilai R-Square menunjukkan bahwa variabel kepatuhan wajib pajak UMKM dipengaruhi pengetahuan pajak, kompleksitas pajak, sanksi perpajakan dan sosialisasi perpajakan sebesar 58,10% dan sisanya sebesar 41,90% dipengaruhi variabel lainnya.
Penelitian selanjutnya, peneliti menyarankan dapat memperluas cangkupan sampel atau objek penelitian serta dapat menambahkan indikator dan variabel yang terupdate agar mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik dalam menganalisa kepatuhan wajib pajak UMKM sehingga dapat memberikan informasi terbaru mengenai perpajakan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 26 Sep 2023 02:42
Last Modified: 26 Sep 2023 02:42
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29330

Actions (login required)

View Item View Item