Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak, Sosialisasi Perpajakan, dan Tarif Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pengguna Ecommerce (Studi Kasus pada Usaha Online Shop)

Anggraeni, Adelia Nur (2022) Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak, Sosialisasi Perpajakan, dan Tarif Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pengguna Ecommerce (Studi Kasus pada Usaha Online Shop). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1802015067_Adelia Nur Anggreni.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1802015067_Adelia Nur Anggreni.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan perpajakan,
sanksi pajak, sosialisasi perpajakan, dan tarif pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak
pengguna e-commerce terutama pada usaha online shop. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh UMKM yang terdaftar pada Dinas Perindustrian, Perdagangan,
Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu
purposive sampling dengan kriteria yang sudah ditentukan. Sampel pada penelitian
ini adalah 100 usaha online shop pada bidang fashion yang beroperasi di media
sosial Instagram dan berada di DKI Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan
mengirimkan kuesioner melalui chat personal dalam bentuk google form kepada
pengusaha online shop. Teknik pengolahan data dan analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif, analisis model pengukuran atau outer model, dan analisis
model struktural atau inner model dengan pendekatan SEM (Structural Equation
Modelling) berbasis Partial Least Square (PLS) menggunakan program software
SmartPLS versi 3.3.9.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel pengetahuan
perpajakan dan sanksi pajak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan
terhadap kepatuhan Wajib Pajak pengguna e-commerce (usaha online shop).
Sedangkan variabel sosialisasi perpajakan dan tarif pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak pengguna e-commerce (usaha online shop).
Dengan tingkat signifikansi 5%. Berdasarkan uji R-Square menunjukkan bahwa
variabel kepatuhan Wajib Pajak pengguna e-commerce dipengaruhi oleh variabel
Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak, Sosialisasi Perpajakan, dan Tarif Pajak
sebesar 0,504 atau 50,4% sehingga sisanya 49,6% dijelaskan oleh variabel lain.
Penelitian selanjutnya diharapkan untuk menggunakan variabel lain selain
variabel yang diteliti dalam penelitian ini, menambah sampel data, dan waktu yang
lebih luas untuk memberikan wawasan lebih luas mengenai kepatuhan Wajib Pajak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 26 Sep 2023 02:19
Last Modified: 26 Sep 2023 02:19
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29324

Actions (login required)

View Item View Item