Pengaruh Keahlian Auditor, Pengalaman, Locus of Control dan Job Stress terhadap Audit Judgment

Pangestu, Teguh (2022) Pengaruh Keahlian Auditor, Pengalaman, Locus of Control dan Job Stress terhadap Audit Judgment. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1702015157_Teguh Pangestu.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1702015157_Teguh Pangestu.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keahlian auditor, pengalaman, locus of control dan job stress terhadap audit judgment studi kasus Kantor Akuntan Publik (KAP) di Depok. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dimana sampel akan diberikan langsung ke auditor yang berkerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) di Depok sebanyak 65 auditor. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan analisis koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keahlian auditor memiliki t hitung sebesar 4,406 > t tabel sebesar 2,00030 maka dapat di intepretasikan bahwa keahlian auditor berpengaruh terhadap audit judgment yang berarti terima H1. Pengalam audit memiliki t hitung sebesar -0,462 < t tabel 2,00030 maka dapat di intepretasikan bahwa pengalaman audit tidak berpengaruh audit judgment yang berarti H2 ditolak. Locus of control memiliki nilai t hitung sebesar 0,975 < t tabel sebesar 2,00030 dapat di intepretasikan bahwa Locus of control tidak berpengaruh terhadap audit judgment yang berarti H3 ditolak. Job stress memiliki nilai t hitung sebesar 2,289 > t tabel sebesar 2,00030 dapat di intepretasikan bahwa job stress berpengaruh terhadap audit judgment yang berarti H4 diterima.
Secara simultan keahlian auditor, pengalaman, locus of control dan job stress memiliki F hitung (14,817) > F tabel (2,52), maka H5 dalam penelitian ini diterima yang artinya keahlian auditor, pengalaman, locus of control dan job stress berpengaruh terhadap audit judgment dengan nilai Adjusted R Square 46,3% dan sisanya 53,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.
Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah jumlah responden serta memperluas ruang lingkup penelitian sehingga diharapkan tingkat generalisasi dari analisis lebih akurat dan diharapkan dapat menambah variabel-variabel lainnya yang memiliki kemungkinan berpengaruh terhadap audit judgment dan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang mudah dimengerti oleh responden, sehingga tidak terdapat kekeliruan pada saat mengisi kuesioner.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 25 Sep 2023 06:57
Last Modified: 25 Sep 2023 06:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29273

Actions (login required)

View Item View Item