Evaluasi Implementasi Program Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini di Bintang Puri Widya Kota Bandung

Huzaimah, Sitti (2019) Evaluasi Implementasi Program Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini di Bintang Puri Widya Kota Bandung. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1709037031_SITTI HUZAIMAH.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1709037031_SITTI HUZAIMAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Studi penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap pelaksanaan Program di Bintang Puri Widya Kota Bandung, melalui evaluasi terhadap komponen konteks, input,
proses dan produk di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian evaluatif. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian evaluasi program. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan mengevaluasi fenomena-fenomena mulai dari context – input, process dan product pelaksanaan program Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini di Bintang Puri Widya Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan teknik
pengumpulan data wawancara, angket dan dokumen ditambah dengan evaluasi CIPP (conteks, input, proses, produk). Wawancara dilakukan terhadap kepala yayasan, kepala sekolah, guru, komite dan siswa/santri. Untuk keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menjelaskan program parenting PAUD sejatinya menjadi
program yang sangat strategis untuk membentuk karakter anak melalui pelibatan secara penuh orang tua, lembaga pendidikan dan masyarakat sebagai trilogi sentral pendidikan itu sendiri. Program parenting PAUD merupakan upaya memperkuat peran orang tua dalam tumbuh kembang anak usia dini. Hal ini relevan dengan 90,8% masyarakat telah mengetahui tujuan dari parenting itu sendiri yakni untuk: (1) Meningkatkan kesadaran orang tua terhadap pentingnya perawatan, pengasuhan, perlindungan dan pendidikan yang pertama dan utama; (2) Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap
positif orang tua dalam mengasuh tumbuh kembang anak usia dini; (3) Meningkatkan peran aktif orang tua dalam proses pendidikan anak usia dini baik di rumah, sekolah maupun di masyarakat; (4) Meningkatkan mutu layanan orang tua kepada anak usia dini dalam memantau, dan mengasuh tumbuh kembang anak dimana dan kapanpun anak berexplor kemampuannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, parenting, pendidikan anak usia dini
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 21 Sep 2023 05:17
Last Modified: 21 Sep 2023 05:17
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29139

Actions (login required)

View Item View Item