Evaluasi Implementasi Teaching Factory Pada Bidang Perhotelan di Sekolah Menengah Keujuran 57 Jakarta Selatan

Maryam, Maryam (2019) Evaluasi Implementasi Teaching Factory Pada Bidang Perhotelan di Sekolah Menengah Keujuran 57 Jakarta Selatan. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1709037024_MARYAM.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1709037024_MARYAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi: 1) konteks (context) implementasi program teaching factory pada aspek kondisi lingkungan yang mendukung meliputi (a) Visi Misi Sekolah, (b) Kerjasama dengan DU/DI, (c) kurikulum
yang digunakan menjadi acuan; 2) masukan (input) program Pendidikan sistem ganda yang meliputi, (a) ketersedian sarana dan prasarana, (b) sumber daya manusia, (c) karakteristik peserta didik, (d) perencanaan pembelajaran teaching factory; 3) proses (prosess) membahas pelaksanaan program pembelajaran teaching factory; 4) produk (product) yaitu hasil praktik peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 57 Jakarta, pada bidang keahlian perhotelan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
deskriptif evaluative model CIPP (Context, input, prosess, product). Sampel penelitian ini diambil dengan Teknik purposive sampling yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan peserta didik kelas X jurusan perhotelan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) evaluasi terhadap konteks tergolong tinggi, aspek ini meliputi (a) Visi Misi Sekolah, (b) Kerjasama dengan DU/DI, (c) kurikulum yang digunakan menjadi acuan program pembelajaran teaching factory. 2) evaluasi terhadap masukan program pembelajaran
teaching factory tergolong tinggi. Aspek input terdiri dari: (a) ketersedian sarana dan prasarana, (b) sumber daya manusia, (c) karakteristik peserta didik, (d) perencanaan
pembelajaran teaching factory; 3) evaluasi terhadap proses (prosess) tergolong tinggi aspek yang dinilai tentang pelaksanaan program pembelajaran teaching factory; 4) evaluasi terhadap produk (product) tergolong sangat tinggi aspek yang dinilai yaitu hasil praktik peserta didik (penilaian).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi program, CIPP, Teaching Factory
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 21 Sep 2023 05:03
Last Modified: 21 Sep 2023 05:03
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29136

Actions (login required)

View Item View Item