Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di TKIT Nurul Izzah, Depok

Anggraeni, Anggraeni (2020) Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di TKIT Nurul Izzah, Depok. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1809037048_ANGGRAENI.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1809037048_ANGGRAENI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi kurikulum 2013 PAUD yang diselenggarakan TKIT Nurul Izzah berdasarkan Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 tentang kurikulum 2013 PAUD, khususnya terkait perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan kurikulum 2013 PAUD di TKIT Nurul Izzah dengan menggunakan model evaluasi kesenjangan (Discrepancy Model Evaluation). Metode yang digunakan adalah metode evaluasi dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah TKIT Nurul Izzah, para guru, dan ketua komite. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesenjangan yang terjadi dalam perencanaan kurikulum 2013 PAUD di TKIT Nurul Izzah yaitu, diperlukan pedoman-pedoman dalam penyusunan KTSP, dalam pendokumentasian KTSP sebaiknya diberikan penjelasan kurikulum yang digunakan dan modifikasi kurikulum sehingga terlihat ciri khas kurikulum sekolah, selain itu dapat dipajang dalam mading kekhasan sekolah. Kesenjangan dari pengorganisasian kurikulum 2013 PAUD, diantaranya pada alokasi waktu/beban belajar yang digunakan melebihi dari standar minimal yang ditentukan yaitu 1350 menit setiap minggu namun hal ini menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi sekolah, kalender pendidikan sudah menyesuaikan dengan aturan yang ditetapkan dan disosialisasikan kepada orang tua serta dipajang di mading sekolah. Selain itu, kesenjangan pelaksanaan kurikulum 2013 PAUD di TKIT Nurul Izzah telah memiliki visi, misi, dan tujuan pendidikan namun tidak disosialisasikan kepada warga sekolah, misalnya dengan dipajang di dinding sekolah. Pendokumentasian dokumen II KTSP sebaiknya dikelola dengan baik sehingga terorganisir dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:17
Last Modified: 20 Sep 2023 03:17
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29109

Actions (login required)

View Item View Item