Evaluasi Implementasi Program Tahsin Tahfidz Qur’an (TTQ) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Plus Al-Maqbul, Cipondoh

Nurseha, Nurseha (2020) Evaluasi Implementasi Program Tahsin Tahfidz Qur’an (TTQ) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Plus Al-Maqbul, Cipondoh. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1809037019_NURSEHA.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1809037019_NURSEHA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil pelaksanaan program Tahsin Tahfidz Qur‟an (TTQ) Di MI Plus Al- Maqbul, Cipondoh dengan menggunakan model evaluasi berorientasi tujuan atau GOEM (Goal Oriented Evaluation Model). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi secara holistik dan dengan cara deskriptif. Wawancara dilakukan kepada kepala madrasah, guru kelas, guru TTQ, siswa dan orang tua siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain evaluasi GOEM (Goal Oriented Evaluation Model) atau model evaluasi berorientasi tujuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan dari program Tahsin Tahfidz Qur‟an (TTQ) di MI Plus Al-Maqbul belum tercapai sepenuhnya. Tujuan Tahsin baru tercapai 37% ( 19 dari 51 siswa), sedangkan tujuan Tahfidz telah tercapai 67% (34 dari 51 siswa). Adapun para siswa, rata-rata sudah memiliki prilaku yang baik. Faktor-faktor pendukung keberhasilan program TTQ antara lain: ketersediaan sarana prasarana, visi misi yang jelas, peran guru kelas, kegiatan BTQ dan dukungan dari sekolah dan yayasan. Sedangkan yang menjadi faktor
penghambat antara lain : motivasi siswa naik turun, minimnya alokasi waktu, minimnya peran orang tua, dan kurangnya kompetensi guru pembimbing TTQ. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan kepada pemegang
kebijakan di MI Plus Al- Maqbul, agar lebih memaksimalkan faktor-faktor yang mendukung keberhasilan program TTQ dan meminimalisasikan faktor-faktor penghambatnya, sehingga program Tahsin Tahfidz Qur‟an (TTQ) semakin baik di masa mendatang, dan target-target yang ditetapkan dapat dicapai sepenuhnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, TTQ, Tahsin, Tahfidz
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:16
Last Modified: 20 Sep 2023 01:16
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29102

Actions (login required)

View Item View Item