Evaluasi Implementasi Program Biaya Operasional Sekolah di SMK YPK Kesatuan Jakarta

Masruroh, Masruroh (2020) Evaluasi Implementasi Program Biaya Operasional Sekolah di SMK YPK Kesatuan Jakarta. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1809037014_MASRUROH.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1809037014_MASRUROH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui informasi dalam sosialisasi program BOS ,implementasi program BOS dan manajemen pengelolaan program BOS di SMK YPK Kesatuan Jakarta berdasarkan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2019 tentang petunjuk teknis Bantuan operasioanal sekolah, khususnya terkait sosialisasi program BOS ,implementasi program BOS dan manajemen pengelolaan BOS dengan menggunakan model evaluasi kesenjangan (Discrepancy Model Evaluation). Metode yang digunakan adalah metode evaluasi dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mendapatkan data secara ilmiah, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah, bendahara BOS, guru, orang tua dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan ada kesenjangan dalam sosialisasi program BOS dan hambatan-hambatanya yaitu komunikasi yang kurang efektif , TIM BOS tidak memahami tugas dan fungsinya. Implementasi program BOS di SMK YPK Kesatuan Jakarta, 10 komponen sesuai juknis, 3 komponen terjadi ketimpangan antara juknis BOS dengan realisasi pembelanjaan yaitu pembelian alat multimedia pembelajaran, pembayaran honor guru, dan kegiatan praktek kerja industri. Manajemen pengelolaan dana BOS di SMK YPK Kesatuan Jakarta terjadi ketimpangan, peneliti tidak mendapatkan dokumen RKAS untuk dianalisis. Direkomendasikan bahwa, SMK YPK Kesatuan Jakarta sebaiknya dapat menjalin komunikasi yang baik,TIM BOS melaksanakan sosialisasi program secara sitematis terencana dan terprogram, evaluasi pada implementasi program BOS agar bisa memaksimalkan anggaran agar semua komponen terpenuhi. Dalam manajemen pengelolaan program BOS hendaknya dilakukan perencananaan anggaran dengan menganalisis kebutuhan-kebutuhan sekolah dalam 1 tahun dengan melibatkan guru-guru yang bertanggung jawab dalam kegiatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen keuangan, program BOS, transparansi, akuntabiliti
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:42
Last Modified: 19 Sep 2023 07:42
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29099

Actions (login required)

View Item View Item