Evaluasi Impelementasi Program Bilingual di SMP Insan Rabbany Tangerang Selatan

Sandrasofia, Koesdini (2020) Evaluasi Impelementasi Program Bilingual di SMP Insan Rabbany Tangerang Selatan. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1809037011_KOESDINI SANDRASOFIA.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1809037011_KOESDINI SANDRASOFIA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi data dan infomasi tentang Impelementasi Program Bilingual di SMP Insan Rabbany Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu untuk mengetahui bagaimana program tersebut dapat diimplementasikan, sejauhmana terlaksananya program
dan ketercapaian tujuan program. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Wawancara dilakukan kepada direktur pendidikan, kepala sekolah, guru IPA, matematika dan bahasa Inggris, siswa serta orang tua murid. Informasi yang diperlukan terkait dengan implementasi program bilingual
yang sudah dijalankan oleh sekolah. Temuan hasil evaluasi antara lain evaluasi konteks meliputi visi misi sekolah dan
kurikulum program bilingual; evaluasi input yang terdiri dari kemampuan siswa dan guru serta sarana dan prasarana dalam implementasi bilingual; evaluasi proses meliputi
perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran bilingual; evaluasi produk meliputi hasil dan dampak program bilingual bagi sekolah, siswa, guru dan orang tua siswa.
Implikasi yang dirasakan oleh sekolah dengan adanya program bilingual akan meningkatkan prestise dan mutu pendidikan, siswa memiliki rasa percaya diri dan jiwa kompetitif yang tinggi serta memiliki daya analisis yang baik. Bagi guru termotivasi untuk terus mengembangkan diri dan menjadi lebih kreatif, inovatif dan berwawasan global. Serta bagi orang tua mendapakan pelayanan prima dari sekolah dan lebih siap dalam merencanakan pendidikan ke jenjang selanjutnya yang siap berkompetisi di era globalisasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: program bilingual, evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi proses dan evaluasi produk
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:04
Last Modified: 19 Sep 2023 07:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29097

Actions (login required)

View Item View Item