Evaluasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Taman Kanak-Kanak Al-Ikhlas Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang

Sadremi, Sadremi (2021) Evaluasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Taman Kanak-Kanak Al-Ikhlas Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1809037141_SADREMI.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1809037141_SADREMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Evaluasi ini bertujuan untuk menilai konteks, input, proses, dan produk pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh Kepala TK. Al-Ikhlas Kota Tangerang. Dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Hasil penilitian diharapkan dapat memberikan masukan kepada pengambil keputusan untuk program selanjutnya. Menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan responden enam guru, satu staf dan kepala sekolah. Instrument yang digunakan untuk menjaring data dengan triangulasi yaitu: wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.Validasi data, analisis data, penyajian data penarikan data dan verifikasi. Hasil temuan konteks menunjukkan perlunya supervise akademik berdasarkan kebutuhan peningkatan kinerja guru. Evaluasi input direncanakan dengan baik dan teknik melibatkan guru dalam kesiapannya dengan anggaran swadaya dari yayasan. Evaluasi proses ditemukan guru yang muda lebih cerdas daya tangkapnya dalam memberikan pembelajaran . Evaluasi produk berdampak positif menemukan tindak lanjut. Hasil evaluasi dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) kepala sekolah dalam melaksanakan perancangan program supervisi akademik berdasarkan pada tujuan dan prinsip supervisi, (2) Kepala sekolah sudah melaksanakan program supervisi sesuai prosedur yang telah di tentukan, (3) Hasil supervisi belum signifikan karena kepala sekolah belum memberikan feedback yang baik dalam peningkatan kinerja guru, (4) pembinaan dan pelatihan yang diberikan kepala sekolah belum sepenuhnya merata kepada guru. Oleh karena itu, hasil program supervisi tidak memberikan hasil yang signifikan dilihat dari data guru yang kualifikasinya belum terpenuhi. Dan penelitian ini bisa digenerelasikan atau diteruskan kepada peneliti berikutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 19 Sep 2023 05:44
Last Modified: 19 Sep 2023 05:44
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29085

Actions (login required)

View Item View Item