Evaluasi Program Penerapan Pendidikan Karakter di TK Mutiara Hati Kota Tangerang

Yuliasih, E. Herlina (2021) Evaluasi Program Penerapan Pendidikan Karakter di TK Mutiara Hati Kota Tangerang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1809037138_E. HERLINA YULIASIH.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1809037138_E. HERLINA YULIASIH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Karakter yang telah diterapkan di TK Mutiara Hati Kota Tangerang telah sesuai dengan Visi lembaga yaitu Membentuk Tunas Bangs yang cerdas, mandiri dan bertakwa. amanat Perpres No 87 tahun 2017 dan Permendikbud no 20 tahun 2018. Penerapan Pendidikan Karakter di TK Mutiara Hati juga telah dievaluasi mengacu pada pedoman Penguatan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini , Direktorat Pendidikan Anak Usia dini tahun 2019. “Banyak orang tidak memahami betapa pentingnya peran PAUD dalam pengembangan karakter. Padahal dari situlah masa-masa emas untuk membentuk pemimpin-pemimpin masa depan Indonesia seharusnya dimulai. Indonesia tidak akan maju tanpa PAUD yang baik”. Disampaikan Mendikbud Nadiem Makarim pada Milad ke 107 Muhammadiyah. Masa Emas atau golden age itu tentu harus dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh tiga lingkungan PAUD, keluarga, sekolah dan lingkungan. Taman Kanak-kanak sebagai satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan anak usia dini, tentulah harus serius dalam membangun karakter anak. Pembentukan karakter anak di usia dini adalah gerbang bagi anak melanjutkan tahapan perkembanang berikutnya. Penerapan pendidikan karakter di TK Mutiara Hati dievaluasi dengan menggunakan model CIPP (contex, Input, process, product) . Hasil penelitian komponen konteks menunjukkan bahwa dari segi kebijakan, visi misi , tujuan dan sasaran program, telah mendukung penerapan pendidikan karakter. Namun yayasan atau lembaga pendidikan perlu menerbitkan juknis agar dapat diketahui bersama dan menjadi panduan guru dalam pelaksanaannya. Dari segi input yaitu perencanaan program, fungsi kepemimpinan kepala sekolah, peran serta guru dan orang tua diperoleh hasil yang baik. Hasil menunjukkan bahwa semua elemen dan stakeholder terlibat mendukung pendidikan karakter di TK Mutiara Hati. Pada perencanaan program yang menukik pada pendidikan karakter perlu dilengkapi dengan SOP agar dalam pelaksanaannya dapat terstandarisasi. Dari segi dukungan orang tua, sekolah telah memiliki program yang mendukung yaitu dengan dilaksanakanya PPOT (Program Pelatihan Orang Tua) wajib diikuti oleh Ayah Bunda yang menyekolahkan putra putrinya di TK Mutiara Hati. Program tersebut dilaksankan setiap semester. Namun sekolah perlu menerbitkan peraturan terkait pelaksanaan program, ini agar menjadi pedoman orang tua siswa. Dari segi proses, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penilaian, sumber dana dan sarana prasarana, penerapan pendidikan karakter sudah sesuai dengan amanat Perpres No 87 tahun 2017 dan Permendikbud no 20 tahun 2018. Penerapan Pendidikan Karakter di TK Mutiara Hati juga telah dievaluasi mengacu pada pedoman Penguatan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini , Direktorat Pendidikan Anak Usia dini tahun 2019. TK Mutiara Hati memiliki program 18 sikap mulia yang terintegrasi di semua kegiatan sekolah melalui pembiasaan, kegiatan rutin, kegiatan belajar baik di dalam dan luar sekolah, pelibatan keluarga dan masyarakat. Dalam hal penilaian TK Mutiara Hati sudah memiliki rancangan penilaian yang detail untuk memotret pencapaian

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: karakter, evaluasi program, PPK
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 19 Sep 2023 04:26
Last Modified: 19 Sep 2023 04:26
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29081

Actions (login required)

View Item View Item