Evaluasi Program Implementasi Kurikulum 2013 Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Karang Tengah 7 Kota Tangerang

Nuroniah, Emay (2021) Evaluasi Program Implementasi Kurikulum 2013 Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Karang Tengah 7 Kota Tangerang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1809037131_EMAY NURONIAH.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1809037131_EMAY NURONIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap implementasi program Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri Karang Tengah 7 Kota Tangerang dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan evaluasi. Model evaluasi yang digunakan adalah model CIPP (contex, input, process dan product). Teknik pengambilan data menggunakan triangulasi teknik, yaitu observasi, pengamatan, dan wawancara mendalam. Pengambilan sumber data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan SWOT (Strengeth, Weaknesses, Opportunitis, Treaths). Temuan pada evaluasi konteks sesuai kriteria, dan terdapat temuan yang tidak sesuai kriteria pada evalusi input dan proses terkait adanya guru yang belum pelatihan Program Kurikulum 2013 dan berdampak pada kurangnya pemahaman pada program Kurikulum 2013. Temuan evaluasi produk sesuai kriteria. Hasil evaluasi Konteks dalam implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah tersebut yang terdiri dari kebijakan kepala sekolah sudah tepat dalam penggunaan program Kurikulum 2013, analisis kebutuhan lingkungan sekolah sudah baik, visi, misi, dan tujuan sekolah sudah jelas. Dari evaluasi input, peserta didik dan pembiayaan sudah baik, tetapi masih ada kendala dalam input tenaga pendidik terkait dengan kurangnya pemahaman terhadap substansi program Kurikulum 2013 karena pelatihan tentang Kurikulum 2013 yang belum merata, dan ada tenaga pendidik yang belum menguasai kemampuan digital, serta sarana prasarana secara umum sudah baik. Hasil evaluasi proses pengambilan keputusan dan partisipasi masyarakat sangat baik, tetapi ada kendala pada pembelajaran, terutama penilaian pembelajaran yang kurang simple. Hasil evaluasi produk sudah baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ada kendala dalam implementasi program Kurikulum 2013, dan direkomendasikan untuk melanjutkan program Kurikulum 2013 di Sekolah ini dengan melakukan perbaikan-perbaikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Implementasi, CIPP, dan Kurikulum 2013
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:38
Last Modified: 19 Sep 2023 03:38
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29072

Actions (login required)

View Item View Item