Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Sarana Prasarana Belajar Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kelurahan Sudimara Barat Kecamatan Ciledug Kota Tangerang

Qomaria, Eva Nurul (2021) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Sarana Prasarana Belajar Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kelurahan Sudimara Barat Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1809037123_EVA NURUL QOMARIAH.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1809037123_EVA NURUL QOMARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis, menguji dan mengetahui: (1) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kelurahan Sudimara Barat Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. (2) Pengaruh sarana prasarana belajar terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kelurahan Sudimara Barat Kecamatan Ciledug. (3) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap sarana prasarana belajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kelurahan Sudimara Barat Kecamatan Ciledug. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan metode pendekatan teknik, analisis jalur (Path Analysis). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kelurahan Sudimara Barat Kecamatan Ciledug tahun pelajaran 2020/2021. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil analisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kelurahan Sudimara Barat Kecamatan Ciledug. Hal ini juga dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (7,354 > 1,982) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,492. Selain itu dari hasil analisis koefesien korelasi menunjukan nilai 0,579 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. ini artinya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru memiliki hubungan yang signifikan dan dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis pengaruh sarana prasarana belajar terhadap kinerja guru terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan sarana prasarana belajar terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kelurahan Sudimara Barat Kecamatan Ciledug. Hal ini juga dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (5,053> 1,984) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,291. Selain itu dari hasil analisis koefesien korelasi menunjukan nilai 0,439 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.001. Ini artinya sarana prasarana belajar dengan kinerja guru memiliki hubungan yang signifikan dan dalam kategori lemah. Berdasarkan hasil analisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap sarana prasarana belajar guru terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap sarana prasarana belajar di SDN Kelurahan Sudimara Barat Kecamatan Ciledug. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (3,256> 1,984) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,300. dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.002. ini artinya kepemimpinan kepala sekolah dengan sarana prasarana belajar memiliki hubungan yang signifikan dan dalam kategori lemah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:57
Last Modified: 18 Sep 2023 07:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29052

Actions (login required)

View Item View Item