Evaluasi Kompetensi Pendidik di Sekolah Dasar Negeri Sudimara 17 Kecamatan Ciledug Kota Tangerang

Anis, Anis (2021) Evaluasi Kompetensi Pendidik di Sekolah Dasar Negeri Sudimara 17 Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Doctoral thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1809037121_ANIS.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1809037121_ANIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk melihat kesesuaian kompetensi pendidik sesuai dengan standar pendidikan nasional serta mengetahui hambatan dalam pemenuhan kesesuaian dengan standar pendidikan nasional dilihat dari evaluasi konteks, input, proses dan produk. Standar Pendidikan Nasional berdasarkan pada Undang – undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Data diperoleh dengan menggunakan telaah dokumen,
observasi, wawancara dan catatan lapangan dianalisis kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman. Triangulasi dilakukan dengan kombinasi triangulasi sumber dan triangulasi metode yang dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data. Kesesuaian kompetensi guru di SDN SUDIMARA 17 Kecamatan Ciledug dengan Standar Pendidikan Nasional sudah cukup sesuai namun ada faktor penghambat untuk
seorang guru memaksimalkan kompetensinya. Adapun ke empat kompetensi akan disimpulkan secara rinci sebagai berikut : (1) Kompetensi Pedagogik yang mencakup 8 indikator, terdapat 2 indikator yang belum sesuai seperti pengembangan peserta didik mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya karena sarana dan prasarana di sekolah belum memadai serta indikator tentang pemahaman wawasan dan landasan kependidikan yang belum sesuai karena dilihat dari kurangnya minat, motivasi guru untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (S2); (2) Kompetensi Profesional guru SDN SUDIMARA 17 sudah sesuai dilihat dari sebagian guru yang
sudah bersertifikasi pendidik; (3) Kompetensi Kepribadian guru SDN SUDIMARA 17 sudah menunjukan etos kerja dan menjunjung tinggi kode etik guru; (4) Kompetensi
sosial guru SDN SUDIMARA 17 sudah tercermin dari standar pendidikan nasional dilihat dari interaksi yang baik dengan siswa maupun warga sekolah.; Hambatan dari keseluruhan evaluasi konteks, input, proses dan produk secara rinci
dijabarkan sebagai berikut : (1) Dari evaluasi konteks, guru SDN SUDIMARA 17 sudah mengetahui tentang kebijakan pemerintah akan kompetensi guru, dan melaksanakan visi
misi sekolah namun perlu ditingkatkan kembali; (2) Dari evaluasi input, masih terbatasnya motivasi guru untuk meningkatkan kualifikasi akademik guru demi berkembangnya kompetensi guru yang berdampak pada hasil belajar siswa serta sarana prasarana yang belum memadai seperti ruang kelas, laboratorium IPA, ruang musik dan aula yang akan menunjang pengaktualisasian potensi siswa; (3) Dari evaluasi proses, guru SDN SUDIMARA 17 sudah melaksanakan proses pembelajaran dengan baik namun perlu adanya inovasi – inovasi terbaru; (4) Dari evaluasi produk, guru SDN SUDIMARA
17 agar lebih meningkatkan prestasi guru secara individu dan prestasi sekolah. Dari hasil penelitian yang ada, SDN SUDIMARA 17 masih membutuhkan perhatian dari pemerintah pusat ataupun daerah untuk menambah sarana dan prasarana sekolah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:54
Last Modified: 18 Sep 2023 07:54
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29050

Actions (login required)

View Item View Item