Prophetic Approach dalamKebijakanPendidikan Indonesia: Studi Analisis Teori Sosial ProfetikKuntowijoyo

Alif Rizky Ramadhan, ARF dan lismawati, lismawati (2022) Prophetic Approach dalamKebijakanPendidikan Indonesia: Studi Analisis Teori Sosial ProfetikKuntowijoyo. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 13 (2). pp. 89-96. ISSN 2549-7146

[thumbnail of Prophetic Approach dalamKebijakanPendidikan Indonesia  Studi Analisis Teori Sosial ProfetikKuntowijoyo.pdf]
Preview
Text
Prophetic Approach dalamKebijakanPendidikan Indonesia Studi Analisis Teori Sosial ProfetikKuntowijoyo.pdf

Download (222kB) | Preview
Official URL: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi

Abstract

Pendidikan indonesia pada saat initelahmengalami pergeseran yang hebat dari pendidikan yang berorientasi pada kapabilitas keilmuan individu menjadipendidikan yang berorientasikan pada kebutuhan industri. Pergeseran ini terjadi akibat perubahan pangsa pasar global yang semakin terpaku pada mesin-mesin industri sehingga ide dan pemikiran ini berkembang di dalam jawatan pendidikan nasional. Akibatnya, ruh pendidikan di indonesia mengalami suatukehampaan karena orientasi dan mindset yang saat ini dijalankansangatlahberbasis pada kebutuhan industri. Melihat kondisi ini, maka kita sebagai umat islam seharusnya menyadari dampak yang munculdari pendidikan berbasis industri ini yang tidak ditopangdengan pemahaman sosio-religio approach maupun religio-saintifik approach. Sehingga tidak salah jika kita melakukan kembali pembacaan atas pemikiran Kuntowijoyo mengenai ilmu sosial profetik ini sebagai jalan alternatif pengembangan pendidikan yang berbasis prophetic approach. Sehingga pendidikan indonesia tidak hanya membicarakan kebutuhan industri melainkan juga menyadari betapa pentingnya propethic approch yang ditawarkan oleh kuntowijoyo ini sebagai sebuah roda penggerak pembangunan pendidikan di Indonesia

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > D History (General)
Depositing User: Lismawati Lismawati
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:54
Last Modified: 19 Sep 2023 03:54
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29029

Actions (login required)

View Item View Item