Analisis Tingkat Pengetahuan Masyarakat Terhadap Produk-Produk Bank Syariah di Kelurahan Pengasinan Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi.

Akrima, Roisa (2020) Analisis Tingkat Pengetahuan Masyarakat Terhadap Produk-Produk Bank Syariah di Kelurahan Pengasinan Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta.

[thumbnail of FAI_PERBANKAN SYARIAH_1607025076_ROISA AKRIMA.pdf]
Preview
Text
FAI_PERBANKAN SYARIAH_1607025076_ROISA AKRIMA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Roisa Akrima, Analisis Tingkat Pengetahuan Masyarakat Terhadap Produk-Produk Bank Syariah di Kelurahan Pengasinan Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat dan faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi pengetahuan masyarakat terhadap produk-produk bank syariah. Di Kota Bekasi ada beberapa bank syariah seperti Bank Muamalat, Bank Mandiri Syariah, BRI Syariah dan lainnya. Tetapi letak bank syariah jaraknya yang jauh dari Kelurahan Pengasinan. Sedangkan, kebanyakan bank-bank yang terdekat lebih banyak bank konvensional. Metode pada penelitian ini bersifat kualitatif yang berbentuk deskriptif. Subjek penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Pengasinan, dan objek penelitian ini adalah tingkat pengetahuan masyarakat terhadap produk-produk bank syariah. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan metode kuesioner dan metode wawancara. Hasil penelitian ini adalah masih rendahnya tingkat pengetahuan masyarakat Kelurahan Pengasinan terhadap produk-produk bank syariah, sebagian masyarakat hanya mengetahui bank syariah tidak ada bunga (riba), dan sebagian masyarkat menganggap kalau bank syariah sama saja dengan bank konvensional atau bank umum lainnya. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tingkat pengetahuan masyarakat terhadap produk-produk bank syariah yaitu;karena terbatasnya jaringan operasional bank syariah, kurangnya kesadaran masyarakat dalam mengetahui bank syariah, usia, pekerjaan, informasi, pendidikan dan sosial, budaya, ekonomi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 26 Aug 2023 02:35
Last Modified: 26 Aug 2023 02:35
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28757

Actions (login required)

View Item View Item