Pengaruh Pembukaan Rekening Online, Biaya Promosi, dan Nilai Tukar Rupiah Tehadap Dana Pihak Ketiga pada PT Bank Syariah Mandiri.

Izzah, Aida Nurul (2020) Pengaruh Pembukaan Rekening Online, Biaya Promosi, dan Nilai Tukar Rupiah Tehadap Dana Pihak Ketiga pada PT Bank Syariah Mandiri. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FAI_PERBANKAN SYARIAH_1607025051_AIDA NURUL IZZAH.pdf]
Preview
Text
FAI_PERBANKAN SYARIAH_1607025051_AIDA NURUL IZZAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aida Nurul Izzah, Pengaruh Pembukaan Rekening Online, Biaya Promosi, dan Nilai Tukar Rupiah Tehadap Dana Pihak Ketiga pada PT Bank Syariah Mandiri. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah inovasi digital yang dikeluarkan oleh PT Bank Syariah Mandiri berupa pembukaan rekening online , biaya promosi yang dikeluarkan oleh bank serta perubahan nilai tukar rupiah yang terjadi di masyarakat memiliki pengaruh terhadap dana pihak ketiga pada bank. Untuk melihat pengaruh atau dampak dari layanan pembukaan rekening online dalam penelitian ini menggunakan pendekatan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan dummy variabel. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya Dummy Pembukaan Rekening Online, Biaya Promosi, Nilai Tukar Rupiah, serta Dana Pihak Ketiga.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel dummy Pembukaan Rekening Online dan Nilai Tukar Rupiah memiliki pengaruh terhadap Dana Pihak Ketiga (DPK), sedangkan pada variabel Biaya Promosi tidak terdapat pengaruh terhadap Dana Pihak Ketiga (DPK). Hasil penelitian yang dilakukan secara simultan menunjukan bahwa variabel bebas dalam peneltian ini yaitu Pembukaan Rekening Online, Biaya Promosi, dan Nilai Tukar Rupiah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikatnya yaitu Dana Pihak Ketiga (DPK). Bedasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tujuan dari inovasi digital yang dilakukan oleh PT Bank Syariah Mandiri dengan mengeluarkan layanan pembukaan rekening online yaitu agar masyarakat luas dapat dengan mudah menjangkau dan membuka rekening yang kemudian akan meningkatkan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang dapat dihimpun oleh bank telah dicapai oleh PT Bank Syariah Mandiri.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 18 Aug 2023 04:00
Last Modified: 18 Aug 2023 04:00
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28384

Actions (login required)

View Item View Item