Bunyamin, Bunyamin (2017) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN NABI MUHAMMAD SAW. UHAMKA Press, Jakarta, Indonesia, pp. 1-200. ISBN 978-602-1078-13-6
Preview |
Text
Buku - Implementasi Strategi Pembelajaran Nabi Muhammad SAW.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Islam sebagai suatu proses pengembangan
potensi kreatifitas murid (peserta didik) bertujuan untuk
mewujudkan manusia yang beriman dan bertakwa kepada
Allah Swt., berbudi pekerti luhur, mandiri dan bertanggung
jawab terhadap diri sendiri, bangsa, negara dan agama.
Pada prinsipnya Islam memandang bahwa segala fenomena
alam ini adalah hasil ciptaan Allah dan sekaligus tunduk
kepada hukum-hukum-Nya. Oleh karena itu, manusia
harus dididik agar mampu menghayati dan mengamalkan
nilai-nilai dalam hukum Allah tersebut. Manusia harus
mampu mengorientasikan hidupnya kepada kekuatan atau
kekuasaan yang berada di balik ciptaan alam raya serta
mengaktualisasikan hukum-hukum Allah melalui tingkah
laku dalam kegiatan hidupnya.
Sebagai agama rahmatan li al-‘Alamin, Islam mengandung
prinsip-prinsip moralitas universal yang sesuai dengan
fithrah manusia. Tanpa nilai nilai tersebut kehidupan akan
menyimpang dari fitrah Allah yang mengandung nilai
Islam yaitu doktrin Islam itu sendiri yang harus dijadikan
dasar dari proses pendidikan yang berlangsung sepanjang
hayat. Jadi dengan demikian pola dasar yang membentuk dan mewarnai sistem pendidikan Islam adalah pemikiran
konseptual yang berorientasi kepada nilai-nilai keimanan,
nilai-nilai kemanusiaan, serta nilai-nilai moral (akhlak) yang
secara terpadu membentuk dan mewarnai tujuan pendidikan
Islam, sedangkan usaha pencapaian tujuan pendidikan sesuai
dengan pola dasar tersebut berlangsung dalam satu strategi
pendidikan Islam.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | BD Speculative Philosophy > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LA History of education |
Depositing User: | admin repository uhamka |
Date Deposited: | 07 Jul 2017 11:12 |
Last Modified: | 08 Jul 2017 04:28 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/279 |
Actions (login required)
View Item |