Rahmiati, Rahmiati dan Mimin, Ninawati dan Sri Lestari, Handayani Pelatihan Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar Tanjung Sari Melalui Permainan Edukatif Sederhana. Jurnal SOLMA.
Preview |
Text
Pelatihan Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar Tanjung Sari Melalui Permainan Edukatif Sederhana.pdf Download (479kB) | Preview |
Abstract
Pelatihan menumbuhkan karakter siswa Sekolah Dasar Tanjung Sari melalui permainan edukatif sederhana
ini bertujuan untuk menunjukan kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang perlu pemecahan masalah
yang mendasar, melalui permainan edukatif untuk menanamkan karakter pada anak. Permainan yang
diberikan ada tiga macam, diantanya; tepuk bim bam pedi, talking stick, dan kuda bisik. Dari ketiga
permainan diatas yang merupakan permainan yang cukup sederhana dapat di aplikasi kedalam kegiatan
belajar mengajar baik didalam kelas maupun diluar kelas.sehingga tidak hanya kesenangan semata yang
didapatkan dalam permainan. Namun permainan mampu memberi manfaat yang besar bagi anak. Tidak kalah
pentingnya, permainan dapat membentuk anak menjadi seseorang yang memiliki karakter luhur. Nilai-nilai
karakter yang terdapat dalam permainan edukatif sederhana ini diantaranya: kerjasama, kekompakan,
toleransi, kejujuran, kedisiplinan, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai, kepemimpinan, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, religius, dan gemar membaca. Melalui kegiatan pengabdian yang
dilakukan oleh guru dapat meningkatkan (1) pengetahuan guru dalam membuat permainan sederhana pada
saat pembelajaran (2) guru dapat termotivasi untuk membuat permainan sederhana di dalam kelas. (3)
kemampuan guru dalam menerapkan permainan sederhana supaya siswa berkarakter (4) guru dapat
menambah pengetahuan tentang permainan sederhana.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > DJ Netherlands (Holland) |
Depositing User: | Rahmiati Rahmiati |
Date Deposited: | 25 Aug 2020 00:53 |
Last Modified: | 25 Aug 2020 00:53 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/2777 |
Actions (login required)
View Item |