Pengaruh Literasi Keuangan dan Pemahaman Produk Tabungan Syariah Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Guru dan Karyawan Yayasan Salafiyah Syafi’iyyah Pangkalan Jati)

Wati, Virana Pretika (2021) Pengaruh Literasi Keuangan dan Pemahaman Produk Tabungan Syariah Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Guru dan Karyawan Yayasan Salafiyah Syafi’iyyah Pangkalan Jati). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FAI_PERBANKAN SYARIAH _1707025037_VIRANA PRETIKA WATI.pdf]
Preview
Text
FAI_PERBANKAN SYARIAH _1707025037_VIRANA PRETIKA WATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Virana Pretika Wati, Pengaruh Literasi Keuangan dan Pemahaman Produk Tabungan Syariah Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Guru dan Karyawan Yayasan Salafiyah Syafi’iyyah Pangkalan Jati Jawa Barat), Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
Penulis melakukan penelitian tentang Pengaruh Literasi Keuangan dan Pemahaman Produk Tabungan Syariah Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Populasi dalam penelitian ini ialah Guru dan Karyawan di Yayasan Salafiyah Syafi’iyyah Pangkalan Jati, Jawa Barat dengan populasi 48 guru dan karyawan dan seluruhnya dijadikan sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 25.0.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Uji T 1) Literasi Keuangan (X1) tidak berpengaruh terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Y) dengan nilai signifikansi 0,268 > 0,05. 2) Pemahaman Produk Tabungan Syariah (X2) berpengaruh signifikan terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Y) dengan nilai signifikansi 0,02 < 0,05. Secara bersama-sama variabel Literasi Keuangan dan Pemahaman Produk Tabungan Syariah berpengaruh secara simultan terhadap Minat Menabung di Bank Syariah dengan F hitung sebesar 7,225 dan tingkat signifikansi 0,002 (kurang dari 0,05) dalam penelitian ini variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 24,3% sedangkan 75.7% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 10 Aug 2023 07:39
Last Modified: 10 Aug 2023 07:44
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/27367

Actions (login required)

View Item View Item