Soebagyo, Joko (2023) Eksplorasi Etnomatematika terhadap Masjid Jami Cikini Al-Ma’mur sebagai Media dalam Penyampaian Konsep Geometri. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5 (2). pp. 235-257. ISSN 2686-5823
Preview |
Text
2866-8462-1-PB.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) | Preview |
Abstract
Etnomatematika dapat menjadi penghubung antara pembelajaran matematika sekolah dengan kebudayaan sehari-hari. Konsep matematika pada artefak budaya dapat dijadikan media pembelajaran sehingga peserta didik mendapatkan dua atau lebih pengetahuan sekaligus, minimal budaya dan matematika. Kota Jakarta memiliki salah satu bangunan bersejarah, yaitu Masjid Jami Cikini Al-Ma’mur yang sudah berdiri sejak tahun 1840. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika pada struktur bangunan Masjid Jami Cikini Al-Ma’mur yang dapat dijadikan sebagai media penyampaian konsep matematika khususnya konsep geometri. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis etnografi digunakan untuk mengeksplorasi konsep matematika pada Masjid Jami Cikini Al-Ma’mur. Jenis data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan sekunder, di mana teknik pengumpulannya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur bangunan Masjid Jami Cikini Al-Ma’mur sebagian besar terdapat etnomatematika pada konsep geometri seperti persegi, trapesium, segitiga siku-siku, tabung, prisma, translasi, rotasi, setengah lingkaran, persegi panjang, refleksi, limas, balok, dilatasi, jajar genjang, bola, belah ketupat, lingkaran. Konsep matematika tersebut diantaranya berasal dari pintu utama masjid, jendela masjid, tiang penyangga, bagian tempat wudhu, pagar masjid menunjukkan konsep geometri bangun ruang, bangun datar dan transformasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | A General Works |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dr Joko Soebagyo |
Date Deposited: | 30 Jul 2023 04:39 |
Last Modified: | 30 Jul 2023 04:39 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/26394 |
Actions (login required)
View Item |