Analisis Bibliometrik Terhadap Konsep Matematika Berdasarkan Conseptual Understanding Berbasis Vosviewer

Soebagyo, Joko (2023) Analisis Bibliometrik Terhadap Konsep Matematika Berdasarkan Conseptual Understanding Berbasis Vosviewer. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2). pp. 213-225. ISSN 2809-0918

[thumbnail of admincartesian,+3360-Article+Text-7593-1-11-20230408.pdf]
Preview
Text
admincartesian,+3360-Article+Text-7593-1-11-20230408.pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview
Official URL: http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/cartesian/a...

Abstract

Dalam mempelajari ilmu matematika, banyak terjadi miskonsepsi dan tidak paham konsep ketika peserta didik mempelajarinya. Kurangnya pemahaman konsep ketika mempelajari matematika akan menyulitkan peserta didik dalam memecahkan masalah matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tren penelitian konsep matematika, untuk mengetahui bagaimana klasfikasi artikel penelitian konsep matematika dan mengetahui tema penelitian konsep matematika yang memiliki peluang untuk dijadikan penelitian di masa mendatang. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis bibliometrik. Data penelitian diperoleh melalui perangkat lunak Harzing’s Publish or Perish dengan database Google scholar, kata kunci Mathematics Concept dan hasil nomor maksimal “1000â€, artikel yang didapat sebanyak 980 artikel dengan jangka waktu tahun 1936 – tahun 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tema penelitian Mathematics Concept yang memiliki peluang untuk dijadikan penelitian dimasa mendatang terdapat empat kata kunci yaitu Etnomathematics, Mathematics Problem, Meta Analysis, dan Academic Self Concept.

Item Type: Article
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dr Joko Soebagyo
Date Deposited: 30 Jul 2023 04:39
Last Modified: 30 Jul 2023 04:39
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/26391

Actions (login required)

View Item View Item