Analisis Pengetahuan, Persepsi, dan Perilaku Santri Terhadap Bank Syariah (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Addiniyyah Jakarta Selatan.

Mala, Lailatul (2020) Analisis Pengetahuan, Persepsi, dan Perilaku Santri Terhadap Bank Syariah (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Addiniyyah Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FAI_PERBANKAN SYARIAH _1607025015_LAILATUL MALA.pdf]
Preview
Text
FAI_PERBANKAN SYARIAH _1607025015_LAILATUL MALA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lailatul Mala “Analisis Pengetahuan, Persepsi, dan Perilaku Santri Terhadap Bank Syariah (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Addiniyyah Jakarta Selatan)”. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan, persepsi, dan perilaku santri terhadap bank syariah yang diharapkan bisa menjadi bahan informasi dan masukan yang tepat kepada pengembangan bank syariah dikalangan santri. Secara metodelogis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpuan data berupa observasi, kuisioner, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Metode analisis data menggunakan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa para santri pondok pesantren miftahul ulum jakarta selatan memang sudah mengetahui bank syariah, memahami hukum diharamkannya riba dalam Islam dan memiliki persepsi baik tentang bank syariah. Tetapi santri hanya tau nama dan keberadaan bank syariah saja namun belum memahami bagaimana pelayanan, sistem, produk dan jasa yang ada di bank syariah. Perilaku yang ditunjukkan santri juga belum terlalu konsisten dikarenakan beberapa santri yang mengetahui bank syariah masih ada yang menggunakan bank konvensional namun dengan alasan untuk keperluan tertentu seperti untuk menerima kiriman uang dari orang tua mereka.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:25
Last Modified: 18 Jul 2023 07:25
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/26072

Actions (login required)

View Item View Item