ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU

Miatun, Asih dan Khusna, Hikmatul ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU. Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA. (Unpublished)

[thumbnail of laporan penelitian asih.pdf]
Preview
Text
laporan penelitian asih.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis secara mendalam kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan kemampuan disposisi matematis mahasiswa calon guru khususnya pada mata kuliah geometri. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa calon guru program studi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data utama pada penelitian ini berupa hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis, angket kemampuan disposisi, dan wawancara antara peneliti dengan subjek penelitian. Tahapan awal pada penelitian ini adalah subyek penelitian diberikan instrument untuk membedakan kemampuan disposisi matematis dengan menggunakan angket. Setelah itu subyek yang terpilih dengan masing-masing kriteria tinggi, sedang, rendah dari kemampuan disposisi matematis diberikan tes tertulis untuk melihat kemampuan berpikir kritis matematisnya. Setelah itu peneliti melakukan wawancara terhadap hasil pengerjaan tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan melakukan triangulasi waktu untuk melihat kekonsistenan jawaban dari subyek penelitian. Setelah data dianggap lengkap dan valid, data dianalisis untuk didapatkan kesimpulan penelitian. Tahapan analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data dan kategorisasi kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan kemampuan disposisi matematis, selanjutnya penyajian data, dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan dan verifikasi untuk mendapatkan gambaran secaramenyeluruh bagaimana kemampuan berpikir kritis mahasiswa calon guru. penelitian ini memberikan hasil bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan disposisi tinggi sudah baik, mahasiswa calon guru dengan disposisi matematis tinggi menguasai indikator kemampuan berpikir kritis yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, membuat kesimpulan, memberikan penjelasan lebih lanjut, dan sebagian dari indikator mengatur strategi dan taktik. Sedangkan untuk mahasiswa dengan disposisi sedang dan rendah hanya menguasai sebagian indikator yang kelima yaitu indikator mengatur strategi dan taktik.

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > DK Russia. Soviet Union. Former Soviet Republics
Depositing User: Asih Miatun
Date Deposited: 24 Aug 2020 04:51
Last Modified: 24 Aug 2020 04:51
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/2604

Actions (login required)

View Item View Item