PERSEPSI FOLLOWERS TERHADAP POSTING-AN CONTENT AKUN INSTAGRAM @CERMINLELAKI

Sarah Decorien, Haniva Sehni (2020) PERSEPSI FOLLOWERS TERHADAP POSTING-AN CONTENT AKUN INSTAGRAM @CERMINLELAKI. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1606015251_HANIVA SEHNI SARAH DECORIEN.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1606015251_HANIVA SEHNI SARAH DECORIEN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Media sosial merupakan platform media yang mengutamakan pada eksistensi penggunanya dalam beraktivitas maupun berkolaborasi. Instagram merupakan aplikasi media sosial atau media sharing berbagi foto atau video. Hadir sebuah akun instagram pada tanggal 2 Oktober 2018 yang bernama @cerminlelaki. Kehadiran akun @cerminlelaki di instagram cukup menuai kontroversi. Akun @cerminlelaki menjadi kontroversi karena mewadahi curhatan para lelaki tentang permasalah pribadi seperti dalam pernikahan, pacaran, orientasi seksual, dll. Dalam pernikahan masalah pribadi yang terjadi pada suami istri merupakan aib (kekurangan) keluarga yang tidak seharusnya dipublikasikan.
Penulis meneliti tentang Persepsi Followers terhadap Posting-an Content Akun Instagram @Cerminlelaki. Tujuan penulis dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi followers terhadap posting-an content akun instagram @cerminlelaki. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme. Teori yang digunakan adalah teori persepsi. Asumsi dari teori ini bahwa persepsi sebuah proses yang dibangun masing-masing individu untuk mengelola serta menginterpretasikan kesan dari indera yang manusia miliki agar memberikan makna kepada lingkungan sekitar. Sehingga individu dapat mengorganisasikan, menafsirkan, dan memberikan makna pada posting-an content akun instagram @cerminlelaki. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan metode survei. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 100 followers muslim akun instagram @cerminlelaki. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi followers terhadap posting-an content akun instagram @cerminlelaki dengan skor 33,36706 berada pada kategori netral cenderung negatif dengan presentase (58%). Artinya mayoritas dari kalangan perempuan muslim dengan presentase (85%), posting-an content akun instagram @cerminlelaki dipersepsikan netral cenderung negatif. Mayoritas followers dari kalangan perempuan muslim menganggap tidak layak untuk dipublikasikan atau diceritakan. Akan tetapi rasa keingintahuan mereka untuk membaca posting-an cerita sangatlah tinggi. Karena mayoritas followers dari kalangan perempuan muslim ingin mengetahui keluhan para laki-laki, supaya mereka dapat mengkoreksi dirinya sendiri.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 23 Jun 2023 06:53
Last Modified: 23 Jun 2023 06:53
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25948

Actions (login required)

View Item View Item