Pemaknaan Puisi Neno Warisman Pada Acara Munajat 212 (Analisis Resepsi Pada Aktivis Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah Di Dki Jakarta)

Kurnia Octaviansyah, Mochamad (2019) Pemaknaan Puisi Neno Warisman Pada Acara Munajat 212 (Analisis Resepsi Pada Aktivis Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah Di Dki Jakarta). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1506015194_MOCHAMAD KURNIA OCTAVIANSYAH.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1506015194_MOCHAMAD KURNIA OCTAVIANSYAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jagat maya diramaikan dengan adanya video yang beredar di media social yaitu video Neno Warisman yang telah membacakan puisi atau berdoa di acara munajat 212. Dalam video yang viral tersebut, ada beberapa bagian yang dinilai provokatif dan menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat. Puisi yang berjudul Munjat 212 dibawakan dengan penuh penghayatan, dan dipublikasikan sehingga beredar viral di media sosial. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui mengenai pemaknaan citra seorang Neno Warisman yang diterima oleh para informan.Latarbelakang pendidikan dan lingkungan yang berbeda membuat para informan menafsirkan dengan caranya masing-masing. Dalam penelitian ini, penerimaan khalayak dibagi menjadi tiga kategori, yaitu penerimaan dominan, penerimaan negosiasi dan penerimaan oposisi atau berlawanan. Peneliti menggunakan paradigma Konstruktivisme dan Teori resepsi Stuart Hal yang menekankan pada penerimaan khalayak untuk interpretasi suatu pesan yang ia terima. Informan yang menjadi khalayak dalam penelitian ini yaitu Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah dengan masing-masing jumlah dari organisasi tersebut tiga orang dari IPNU dan tiga orang dari IPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada yang masuk dalam kategori dominan, ada juga yang masuk ke dalam kategori negosiasi dan masuk ke dalam kategori oposisi atau berlawanan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan melakukan wawancara mendalam dengan para informan untuk memperoleh data yang peneliti inginkan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 06 Jun 2023 07:55
Last Modified: 06 Jun 2023 07:55
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25523

Actions (login required)

View Item View Item