PENERIMAAN PENONTON TERHADAP VIDEO – VIDEO ACEP GATES DI JEJARING SOSIAL MEDIA YOUTUBE (Analisis Resepsi Terhadap Channel Acep Gates)

Mustika, Khaerunnisa (2020) PENERIMAAN PENONTON TERHADAP VIDEO – VIDEO ACEP GATES DI JEJARING SOSIAL MEDIA YOUTUBE (Analisis Resepsi Terhadap Channel Acep Gates). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1506015096_KHAERUNNISA MUSTIKA.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1506015096_KHAERUNNISA MUSTIKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Acep Gates dengan konten yang berbeda dari kebanyakan conten creator memanfaatkan YouTube sebagai kisah pribadinya yang berbeda dan memunculkan tanggapan penonton yang berbeda – beda sesuai dengan latar belakang penotonnya. Penelitian ini mengkaji bagaimana penerimaan penonton terhadap video - video Acep Gates di jejaring sosial media YouTube.
Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, dengan teori resepsi Stuart Hall yang mengasumsikan bahwa penerimaan khalayak aktif menerima pesan berdasarkan pengalaman sehari – harinya. Penerimaan khalayak merupakan proses encoding dan decoding yang memperlihatkan sebuah proses bahwa pesan adalah wacana yang memiliki penuh dengan makna. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif dan metode penelitian analisis resepsi.
Hasil penelitian dari 10 informan ditemukan 4 penerima dominan, 4 penerima negosiasi dan 2 penerima oposisi dengan hasil. Penerimaan penonton dari Channel YouTube Acep Gates penerimaan dominan, menerima karena mengedukasi dan mengapresiasi. Sedangkan penerimaan negosiasi dengan melihat kedua sisi tergantung tempat dan situasi, dan penerimaan oposisi menolak karena video hanya berisikan penyesalan dan merasa jijik terhadap Acep Gates. penerimaan penonton terhadap Video Acep Gates pada penerimaan dominan sebagai pengetahuan penyimpangan seksual dan kebebasan berkarya. Sedangkan penerima negosiasi melihat kedua sisi kurang tepat ditonton dalam dunia maya, dan penerimaan oposisi menolak karena dapat meresahkan bagi remaja.
Untuk penelitian mendatang diharapkan mampu mengkaji fenomena dengan menggunakan teori semiotika dan menggunakan metode analisis semiotika. Penelitian ini memberikan masukan kepada konten creator agar lebih bisa menyaring informasi yang akan dimuat di public.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 26 May 2023 04:13
Last Modified: 26 May 2023 04:13
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25334

Actions (login required)

View Item View Item