Analisis Manajemen Penghimpunan Dana ZISKA (Zakat Infaq Shadaqah Dan Keagamaan Halal Lainnya) Saat Pandemi Covid-19 Di Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA).

Khairunisa, Tiara (2020) Analisis Manajemen Penghimpunan Dana ZISKA (Zakat Infaq Shadaqah Dan Keagamaan Halal Lainnya) Saat Pandemi Covid-19 Di Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FAI_PERBANKAN SYARIAH_1607025068_TIARA KHAIRUNISA.pdf]
Preview
Text
FAI_PERBANKAN SYARIAH_1607025068_TIARA KHAIRUNISA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tiara Khairunisa, Analisis Manajemen Penghimpunan Dana ZISKA (Zakat Infaq Shadaqah Dan Keagamaan Halal Lainnya) Saat Pandemi Covid-19 Di Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA).Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Lazismu Uhamka memiliki tugas menghimpun dana dalam jumlah besar agar setiap program yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti manajemen penghimpunan dana ZISKA dan hambatan yang terjadi saat pandemic covid-19 berupa langkah perencanaan, pengorganisasian, pegimplementasian dan pengawasan meliputi manajemen zakat, infaq, shadaqah dan keagamaan halal lainnya sekaligus memecahkan stigma masyarakat yang kurang percaya terhadap lembaga zakat melalui kuesioner.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis, permasalahan yang digambarkan berdasarkan data-data yang ada lalu dianalisis lebih lanjut untuk ditarik kesimpulan. Dengan jenis pendekatan studi kasus, penulis mengadakan penelitian dengan menggambarkan tentang Manajemen Penghimpunan Dana ZISKA pada Lazismu Uhamka. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara dengan amil Lazismu Uhamka serta kuesioner dengan 50 muzakki di Lazismu Uhamka.
Hasil dari penelitian ini, Lazismu Uhamka telah menerapkan fungsi dan langkah manajemen penghimpunan dengan baik dan sesuai dengan teori manajemen yang ada di literatur pustaka. Walaupun masih ada yang harus diperbaiki dan dimaksimalkan kinerjanya seperti strategi mencari muzakki lebih banyak, menambah SDM lebih banyak dan sosialisasi yang lebih masif dan kontinu agar masyarakat lebih mengenal dan mengetahui Lazismu Uhamka sebagai pengelola ZISKA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 23 May 2023 07:28
Last Modified: 23 May 2023 07:28
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25318

Actions (login required)

View Item View Item