Analisis Pembiayaan Mudharabah Bank Syariah Dalam Pengembangan Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Yang Terdampak Covid-19 di Ciledug Tangerang. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

Az Zahra, Fatimah (2020) Analisis Pembiayaan Mudharabah Bank Syariah Dalam Pengembangan Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Yang Terdampak Covid-19 di Ciledug Tangerang. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FAI_PERBANKAN SYARIAH_1607025081 _FATIMAH AZ ZAHRA.pdf]
Preview
Text
FAI_PERBANKAN SYARIAH_1607025081 _FATIMAH AZ ZAHRA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fatimah Az Zahra, Analisis Pembiayaan Mudharabah Bank Syariah Dalam Pengembangan Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Yang Terdampak Covid-19 di Ciledug Tangerang. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Sebagai pelaku usaha Mikro, Kecil dan Menengah sekaligus nasabah pembiayaan mudharabah dikalangan masyarakat Ciledug Tangerang, berbagai usaha dilakukan agar tetap menjalankan usah di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai serta menjalankan kewajiban sebagai nasabah pembiayaan. Pada kondisi seperti ini, harus adanya peran dan upaya bank syariah dalam pengembangan usaha nasabah pembiayaan tersebut, terlebih dengan susahnya kondisi yang membuat pemasukan para pelaku usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mengalami penurunan yang sangat drastis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan upaya apa saja yang dilakukan bank syariah terhadap pengembangan usaha nasabah pembiayaan. Berbagai macam indetifikasi serta indikasi yang terkait dengan peran dan upaya di masa pandemi Covid-19, penulis mencari lebih dalam mengenai alasan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) selaku narasumber.
Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif jenisnya yaitu berbentuk deskriptif, dimana peneliti mengumpulkan data dari narasumber melalui wawancara yang kemudian disimpulkan pada hasil penelitian. Lokasi yang dipilih dalam penelitian ini berada di Kelurahan Sudimara Barat Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Demikian hasil dari penelitain ini menunjukan bahwa peran pembiayaan mudharabah dalam pengembangan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang terdampak Covid-19 belum adanya peranan pengembangan yang dapat dilihat dari belum ada nya pembinaan dan pendampingan. Upaya yang dilakukan kepada pelaku UMKM yang terdampak Covid-19 yaitu dengan memberikan produk modal kerja dan restruturisasi pembiayaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 23 May 2023 07:21
Last Modified: 23 May 2023 07:21
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25317

Actions (login required)

View Item View Item