Personal Branding Bripka M.P. Ambarita Pada Program The Police Trans 7 Dalam Akun Youtube TRANS7 OFFICIAL

Diyan Kalih, Ilham (2020) Personal Branding Bripka M.P. Ambarita Pada Program The Police Trans 7 Dalam Akun Youtube TRANS7 OFFICIAL. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1606015158_ILHAM DIYAN KALIH.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1606015158_ILHAM DIYAN KALIH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penurunan citra Polri dikarenakan narasi keterlibatan Polri dalam Pemilu 2019 membuat Divisi Humas Polri bergerak cepat dengan bekerjasama dengan media, salah satunya dengan dokumentasi media dalam kegiatan Polri. Raimas Backbone Polres Jakarta Timur merupakan salah satu satuan tugas yang kegiatannya dokumentasikan oleh Trans 7 pada program the police dan mendapatkan perhatian yang luar biasa dari masyarakat terlihat dari jumlah penonton pada youtube. Hal ini dikarenakan ada sosok Bripka Ambarita yang menjadi idola baru sebagai sosok polisi yang disukai masyarakat. Penelitian ini mengkaji bagaimana pembentukan personal branding Bripka Ambarita pada program the police Trans 7 dalam akun youtube @TRANS7 OFFICIAL.
Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, dengan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, dan metode penelitian Analisis Isi dengan teknik dokumentasi dan wawancara mendalam. Peneliti menggunakan teori Personal Branding Peter Montoya dimana didalamnya terdapat 8 hukum yang mengatur tentang pembentukan Personal branding pada diri seseorang. Selain itu peneliti juga menggunakan teori manajemen kesan Erving Goffman yang didalamnya terdapat pengelolaan kesan terbentuk ketika individu berinteraksi dengan msayarakat.
Hasil penelitian dengan menggunakan Analisis isi didukung data dari dokumentasi dan wawancara ditemukan fakta menarik yaitu personal branding Bripka Ambarita merupakan hal yang tidak sengaja dibentuk dan semua dilakukan secara natural, situasional dan spontan. Selain itu pembentukan personal branding pada Bripka Ambarita menampilkan sosok polisi yang tegas, tidak pandang bulu, namun tetap mengedepankan pendekatan humanis dengan cara yang out of the box. Cara yang out of the box ini merupakan pembawaan langsung secara natural dan situasional oleh Bripka Ambarita itu sendiri dan dianggap lucu bagi masyarakat karena masyarakat merespon dengan sangat antusias terhadap tayangan kegiatan Raimas Backbone pada program the police dalam akun youtube @TRANS7 OFFICIAL ini. Selain itu, Branding yang dibangun sesuai dengan strategi pengelolaan kesan Goffman, yaitu menampilkan hal positif, promosi diri pemberian contoh dan strategi penampilan diri. Hal ini semakin menarik antusias dan penilaian masyarakat terhadap citra Polri.
Penelitian mendatang diharapkan mampu menggali lebih jauh terhadap branding Polri sementara secara metodologis diharapkan dapat menggunakan pendekatan kuantitatif agar dapat diukur efektifitas menggunakan tingkatan grafik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 19 May 2023 08:30
Last Modified: 19 May 2023 08:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25297

Actions (login required)

View Item View Item