Motif Motif Penghuni Kawasan Kumuh Tanah Abang Membaca Rubrik "Nah Ini Dia" di Koran Harian Pos Kota

Hatijah, Hatijah (2019) Motif Motif Penghuni Kawasan Kumuh Tanah Abang Membaca Rubrik "Nah Ini Dia" di Koran Harian Pos Kota. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1306015051_ HATIJAH.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1306015051_ HATIJAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Harian Pos Kota merupakan salah satu media cetak yang beredar di Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek), Seiring dengan kemajuan zaman, koran Pos Kota selain terbit dalam format cetak juga bermigrasi sebagai media daring mulai tahun 1999. Namun rubriknya hampir tidak ada yang berubah. Salah satu rubrik yang masih dipertahankan adalah “Nah Ini Dia”. Rubrik ini berisi informasi tentang kehidupan sosial yang dikemas secara ringan. Isi ceritanya berbau kriminal dan ditulis secara humor yang menyerempet ke arah seks dan dimaksudkan untuk menghibur pembaca. Perumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu “Apakah motif membaca Rubrik “Nah Ini Dia” di Koran harian Pos Kota?”.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratifications untuk menjelaskan bagaimana individu menggunakan atau mengonsumsi media dan efek apa yang ditimbulkannya. Dalam penelitian ini, pembaca koran harian Pos Kota untuk mendapatkan motif berupa mencari informasi dan hiburan setelah membaca rubrik "Nah Ini Dia".
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah warga Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat berjumlah 21.428 kepala keluarga. Sampel yang didapat sebanyak 100 orang dengan mengukur menggunakan rumus Taro Yamane. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner atau angket yang diberikan kepada responden, yaitu warga kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Selanjutnya, penelitian ini melakukan uji validitas dan reliabilitas serta menganalisis datanya dengan statistik deskriptif. Dari hasil penelitian dan pengolahan data yang telah dilakukan mengenai motif membaca rubrik "Nah Ini Dia" di Koran Harian Pos Kota, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa mayoritas responden mempunyai motif yang berada pada kategori sedang dalam membaca rubrik "Nah Ini Dia" di koran harian Pos Kota dengan skor sebesar 68,03137 yang berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 16 May 2023 03:58
Last Modified: 16 May 2023 03:58
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25259

Actions (login required)

View Item View Item