Sikap Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA terhadap Tayangan Sinetron “Dunia Terbalik” di RCTI

Al Fajri, Fitra (2020) Sikap Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA terhadap Tayangan Sinetron “Dunia Terbalik” di RCTI. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1306015048_FITRA AL FAJRI.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1306015048_FITRA AL FAJRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tayangan sinetron dunia terbalik menayangkan sesuatu yang berbeda dari tayangan sinetron lainnya, sinetron ini menggambarkan kehidupan dalam sebuah desa bernama Desa Cikadu yang dikenal sebagai desa pengirim Tenaga Kerja Wanita (TKW), karena para perempuan di desa ini sebagian besar bekerja sebagai TKW di luar negeri. Sinetron dunia terbalik menampilkan gagasan yang berbeda dari gagasan dominan yang dianut di Indonesia. Dimana suami digambarkan melakukan peran pada ranah domestik yaitu sebagai pengurus anak, mengurus rumah, mencuci, memasak dan istri digambarkan melakukan peran pada ranah publik yaitu sebagai pencari nafkah atau sebagai tulang punggung keluarga. Perumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu “Bagaimana sikap Dosen FAI UHAMKA terhadap tayangan sinetron dunia terbalik di RCTI ?”.
Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori kognitif. Kognitif (ability) adalah kemampuan yang dimiliki oleh manusia untuk mempertahankan dirinya, sedangkan ability kognitif lebih kepada kemampuan manusia yang menyangkut proses berpikir dalam manipulasi alam sekitar untuk mencapai tujuannya.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Populasi dalam penelitian adalah Dosen FAI Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA berjumlah 30 orang. Sampel yang didapat sebanyak 30 orang dengan metode pengambilan total sampling. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner atau angket yang diberikan kepada responden, yaitu dosen FAI UHAMKA. Selanjutnya, penelitian ini melakukan uji validitas dan reliabilitas serta menganalisis datanya dengan statistik deskriptif.
Hasil penelitian yang didapat adalah dari hasil total skor perhitungan jawaban per item menunjukkan sikap dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA terhadap Tayangan Sinetron “Dunia Terbalik” di RCTI dengan total skor 1.576 dan sikap dosen Fakultas Agama Islam UHAMKA berada pada kategori netral cenderung rendah yaitu 43,3%. Dengan demikian, responden menganggap tayangan sinetron Dunia Terbalik di RCTI ada yang baik dan juga ada yang buruk

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 12 May 2023 03:46
Last Modified: 12 May 2023 03:46
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25217

Actions (login required)

View Item View Item