Manajemen HUMAS Dewan Transportasi Kota Jakarta dalam mengelola aspirasi masyarakat ramah disabilitas pada sarana dan prasarana transportasi

Prima Hartawan, Regina (2021) Manajemen HUMAS Dewan Transportasi Kota Jakarta dalam mengelola aspirasi masyarakat ramah disabilitas pada sarana dan prasarana transportasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1706015126_ REGINA PRIMA HARTAWAN.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1706015126_ REGINA PRIMA HARTAWAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam sebuah organisasi diperlukan sebuah proses manajemen HUMAS agar seluruh kegiatan kehumasan yang ada dalam organisasi dapat dikelola dengan baik melalui tahapan-tahapan yang ada dalam konsep manajemen HUMAS. Dalam hal ini HUMAS Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) memerlukan sebuah proses manajemen HUMAS, maka tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana proses manajemen HUMAS DTKJ dalam mengelola aspirasi ramah disabilitas pada sarana dan prasarana transportasi.
Fokus penelitian ini ada pada HUMAS DTKJ maka konteks yang digunakan adalah konteks komunikasi organisasi, Adapun teori dalam penelitian yaitu menggunakan teori informasi organisasi sebagai teori utama dalam penelitian, kemudian menggunakan teori manajemen HUMAS sebagai teori pendukung dalam penelitian.
Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, dengan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, dan metode penelitian studi kasus, dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian adalah HUMAS DTKJ telah mengaplikasikan proses manajemen HUMAS sesuai dengan proses manajemen HUMAS yang diungkapkan oleh Cultip, yaitu mengidentifikasi permasalahan terhadap aspirasi yang diterima, kemudian membuat perencanaan dengan membuat daftar inventaris kebutuhan penyandang disabilitas, kemudian melakukan tindakan dan aksi yaitu membuat solusi jangka panjang dan pendek, terakhir adalah evaluasi terhadap proses manajemen HUMAS yang dilakukan. HUMAS DTKJ juga mengaplikasikan pengelolaan informasi organisasi sesuai dengan teori informasi organisasi yang diungkapkan oleh West and Turner, dimana anggota di dalam organisasi mampu memecahkan ambiguitas di dalam organisasi.
Simpulan dalam penelitian adalah, Para penyandang disabilitas yang diwakilkan oleh komunitas penyandang disabilitas merespon positif dengan apa yang dilakukan oleh HUMAS DTKJ karena aspirasinya tersampaikan, dimana melalui proses manajemen HUMAS inilah HUMAS DTKJ memberikan kesadaran terhadap masyarakat, operator dan PEMPROV DKI untuk mewujudkan transportasi berkeadilan bagi disabilitas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 10 May 2023 04:04
Last Modified: 10 May 2023 04:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25204

Actions (login required)

View Item View Item