Pemberdayaan Disabilitas di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Fenomenologi Disabilitas Nicky Claraentia Pratiwi dalam Memberdayakan Disabilitas)

Hardi, Fitranto (2020) Pemberdayaan Disabilitas di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Fenomenologi Disabilitas Nicky Claraentia Pratiwi dalam Memberdayakan Disabilitas). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1606015087 _ FITRANTO HARDI.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1606015087 _ FITRANTO HARDI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nicky Claraentia adalah seorang tuna daksa dan aktivis sosial yang fokus memberdayakan penyandang disabilitas. Ini adalah suatu hal yang cukup sulit dilakukan karena memerlukan keterampilan, khusus untuk memberdayakan mereka para penyandang disabilitas, ditambah pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung. Penelitian ini akan mengkaji Fenomena Pemberdayaan Disabilitas ditengah pandemic covid-19 yang dilakukan oleh Disabilitas Nicky Claraentia Pratiwi.
Peneliti menggunakan teori Fenomenologi milik Creswell, untuk membantu peneliti membedah Fenonmena Pemberdayaan yang dilakukan Disabilitas Nicky Claraentia Pratiwi Selama Pandemi Covid-19. peneliti juga menggunakan teori pemberdayaan Willson, untuk melihat pola pemberdayaan yang dilakukan Nicky Claraentia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pendekatan kualitatif bertujuan menjelaskan suatu permasalahan secara lebih mendalam dengan cara deskriptif. Jenis deskriptif dipakai agar peneliti mampu menjelaskan permasalahan secara sistematis, faktual dan aktual.
Kesimpula penelitian ini setelah dilakukan analisi dari wawancara terhadap subjek penlitian dan narasumber sehingga Menunjukan hasil penelitian bahwa pola pemberdayaan disabilitas oleh disabilitas Nicky didasari oleh oleh tayang televisi tentang Ankie Yudistira, dukungan orang tua dan Rasa kesamaan sesama penyadang disabilitas, tujuan Nicky memberdayakan disabilitas yaitu menjadikan Indonesia yang lebih inklusif, dan membangun sinergi bagi pemangku kebijakan untuk memudahkan akses bagi para teman disabilitas melalui platform Berdaya Bareng yang Ia dirikan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 08 May 2023 08:15
Last Modified: 08 May 2023 08:15
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25200

Actions (login required)

View Item View Item