:Pola Komunikasi Keluarga Antara Anak Dengan Ibu Orang Tua Tunggal Pasca Perceraian Dalam Membentuk Kemandirian Anak (Studi Pada Keluarga Di Wilayah Tangerang)

Alfarisi, Fazri (2020) :Pola Komunikasi Keluarga Antara Anak Dengan Ibu Orang Tua Tunggal Pasca Perceraian Dalam Membentuk Kemandirian Anak (Studi Pada Keluarga Di Wilayah Tangerang). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1506015055_FAZRI ALFARISI.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1506015055_FAZRI ALFARISI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi keluarga tentunya ada perbedaan dengan komunikasi dengan anggota kelompok biasanya, perbedaannya setiap keluarga mempunyai pola komunikasinya masing-masing. Jika kelompok lain tentu mempunyai ruang lingkupnya yang memang sudah ada sesuai konteksnya. Paradigma yang digunakan menggunakan paradigma konstruktivisme, model yang dipakai di penelitian ini yaitu model perilaku komunikasi lalu konteks yang digunakan komunikasi antarpribadi dan menggunakan attachment theory dalam menentukan teorinya serta menggunakan teori pendukung seperti teori pola-pola komunikasi keluarga. Metode yang digunakan peneliti yaitu pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitiannya dalam penelitian ini penelitian deskriptif lalu metode pengumpulan datanya seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Di penelitian ini juga menggunakan metode analisis data.
Dari penelitian yang dilakukan berhasil mendapatkan hasil didikan orang tuanya setelah bercerai berakibat anak sudah menjadi mandiri walaupun hidup dengan keluarga tidak lengkap atau tanpa ayahnya, pasca perceraian ibu orang tua tunggal walaupun terkadang sulit bagi anak menerima kenyataan jika orang tuanya telah berpisah tapi cepat atau lambat semua masalah yang terjadi sebelumnya akan selesai.
Ibu orang tua tunggal mengalami fase yang sangat berbeda dari sebelum bercerai dan pada saat sesudah bercerai, harus melawan kondisi yang ada dengan berat dengan anaknya. Tidak mudah menjalankan peran ganda sebagai ayah juga, butuh kesabaran hati yang kuat untuk menjalani itu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 08 May 2023 07:27
Last Modified: 08 May 2023 07:27
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25196

Actions (login required)

View Item View Item