Pesan Moral dalam Film Orang Kaya Baru(Analisis SemiotikaFerdinand De Saussure)

Faisal, Ahmad (2020) Pesan Moral dalam Film Orang Kaya Baru(Analisis SemiotikaFerdinand De Saussure). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1606015246_AHMAD FAISAL.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1606015246_AHMAD FAISAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian membahas mengenai Pesan Moral dalam Film Orang Kaya Baru. Film ini disutradarai oleh bapak Oddy C Harahap. Film Orang Kaya Baru ini mengangkat kisah nyata dari Joko Anwar yang semasa kecilnya berkhayalan ingin menjadi orang kaya, karena dengan hidup dengan kondisi berkecukupan maka semua kebutuhan akan terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pesan moral yang terkandung dalam film Orang Kaya Baru
Penelitian ini menggunakan paradigm konstruktivisme. Teori yag digunakan adalah teori semiotika yang dikemukakan oleh Ferdinand De Saussure dan model komunikasi Tubs. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, studi pustaka, wawancara. Teknik analisis data menggunakan observasi film Orang Kaya Baru, pendefinisian, analisis tanda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metode analisis semiotik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film Orang Kaya Baru mengandung pesan moral didalam kehidupan sehari-hari seperti kebersamaan didalam suatu keluarga, pendidikan paling utama, memaafkan terhadap sesama manusia, selalu bersyukur atas apa yang diberikan oleh tuhan, berjuang dalam mendapatkan sesuatu, menghargai apa yang diberikan oleh tuhan dan uang tidak dapat membeli suatu kebahagiaan.Peneliti merekomendasi kepada peneliti selanjutnya untuk menggunakan metodologi analisis semiotika model Roland Barthes yang dimana nanti hailnya akan mendapatkan mitos moral yang ada dalam film orang kaya baru. Dan diharapkan untuk para pembuat film di Indonesia untuk mebuat film-film yang lebih berkualitas lagi terutama mengandung nilai-nilai moral dalam bentuk yang menarik. Supaya masyarakat yang menonton film tidak hanya terhibur saja akan tetapi mendapatkan pelajaran setelah menonton film tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 08 May 2023 03:47
Last Modified: 08 May 2023 03:47
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25190

Actions (login required)

View Item View Item