Fanatisame Budaya Kelompok Suporter Sepakbola (Studi kasus pada The Jak Mania Kampung Utan)

Antony, Dedek (2019) Fanatisame Budaya Kelompok Suporter Sepakbola (Studi kasus pada The Jak Mania Kampung Utan). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1206015023_DEDEK ANTONY.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1206015023_DEDEK ANTONY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sepak bola merupakan olahraga yang populer dan telah berkembang di Indonesia. Olahraga ini dikemas secara sederhana sehingga dapat dinikmati berbagai kalangan, kini perkembangan olahraga ini sudah semakin pesat sehingga akan mudah kita jumpai anak-anak kecil hingga dewasa bermain sepak bola di tanah lapang maupun penjuru gang, dari yang mengenakan peralatan lengkap hingga yang tanpa mengenakan alas kaki, beragam kompetisi kecil pun sering lahir di tingkat kampung hingga kompetisi di level kota dan nasional. Seseorang tak akan beranjak dari layar kaca saat pertandingan tim favoritnya sedang ditayangkan, begitu pula bagi mereka yang dapat menikmati tontonan sepak bola secara langsung di dalam stadion.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori identitas sosial ciri atau keadaan khusus dari suatu kelompok yang merupakan indikai bahwa individu memang tak bisa lepas dari pengaruh lingkungan sosial.Metode penelitian yang di gunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, Pengumpulan data dengan teknik observasi partisipan dan wawancara. Hasil penelitian identitas para anggota suporter Jak Mania Kampung Utan akan menunjukkan pula bagaimana eksistensi dari kelompok suporter itu sendiri di mata umum. Apakah para suporter Jak Mania Kampung Utan akan menutupi identitasnya sebagai seorang Jak Mania, atau bersikap terbuka dan terang-terangan menyatakan bahwa mereka adalah anggota suporter yang militan. Kaitan antara konsep identitas dengan penelitian ini, mencoba menjelaskan dan memahami bagaimana para anggota suporter Jak Mania Kampung Utan dalam mengidentifikasikan diri mereka dengan identitas sosial kelompok tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 03 May 2023 07:10
Last Modified: 03 May 2023 07:10
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25143

Actions (login required)

View Item View Item