Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Mahasiswa Semester 2 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Ajaran 2020/2021

Nugroho, Surya Adi dan Sukmara, Rina (2021) Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Mahasiswa Semester 2 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Ajaran 2020/2021. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Surya Adi Nugroho.pdf]
Preview
Text
Surya Adi Nugroho.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji suatu teknik menghafal pada penguasaan
kosakata bahasa Jepang sebelum dan sesudah terhadap kemampuan menghafal
pada mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang semester 2 menggunakan teknik
mind mapping, dan untuk mengetahui tanggapan. Metode penelitian yang dipakai
adalah quasi experiment dengan desain one group pre-test post-test. Sampel
penelitian ini yaitu mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang FKIP UHAMKA
semester 2 sebanyak 19 orang. Hasil nilai rata – rata pre-test yaitu 54,95. Hasil nilai
rata – rata post-test yaitu 61,74. Hasil Uji sample T-test didapat dari program SPSS 20,
yang menggunakan independent sample T-test dengan taraf signifikansi < 0,05 dari hasil
penghitungan tersebut diperoleh nilai (2 – tailed) sebesar 0,146 > 0,05, maka
dinyatakan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan
kosakata bahasa Jepang dengan menghafal menggunakan teknik mind mapping.
Berdasarkan hasil angket, banyaknya yang menjawab ragu – ragu pada pernyataan
menghafal kosakata lebih mudah menggunakan teknik mind mapping dan pada
pernyataan teknik mind mapping merupakan teknik terbaik dalam menghafal
kosakata bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works
L Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:06
Last Modified: 10 Jul 2023 09:06
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25112

Actions (login required)

View Item View Item