Nugroho, Surya Adi dan Sukmara, Rina (2021) Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Mahasiswa Semester 2 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Ajaran 2020/2021. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.
Preview |
Text
Surya Adi Nugroho.pdf Download (665kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji suatu teknik menghafal pada penguasaan
kosakata bahasa Jepang sebelum dan sesudah terhadap kemampuan menghafal
pada mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang semester 2 menggunakan teknik
mind mapping, dan untuk mengetahui tanggapan. Metode penelitian yang dipakai
adalah quasi experiment dengan desain one group pre-test post-test. Sampel
penelitian ini yaitu mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang FKIP UHAMKA
semester 2 sebanyak 19 orang. Hasil nilai rata – rata pre-test yaitu 54,95. Hasil nilai
rata – rata post-test yaitu 61,74. Hasil Uji sample T-test didapat dari program SPSS 20,
yang menggunakan independent sample T-test dengan taraf signifikansi < 0,05 dari hasil
penghitungan tersebut diperoleh nilai (2 – tailed) sebesar 0,146 > 0,05, maka
dinyatakan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan
kosakata bahasa Jepang dengan menghafal menggunakan teknik mind mapping.
Berdasarkan hasil angket, banyaknya yang menjawab ragu – ragu pada pernyataan
menghafal kosakata lebih mudah menggunakan teknik mind mapping dan pada
pernyataan teknik mind mapping merupakan teknik terbaik dalam menghafal
kosakata bahasa Jepang.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | A General Works L Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 09:06 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 09:06 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25112 |
Actions (login required)
View Item |