Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Educandy Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Jepang Kelas X PB 1 SMK Negeri 20 Jakarta

Buhori, Rezuan Azlina Nur dan Karnawati, Rita Agustina (2021) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Educandy Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Jepang Kelas X PB 1 SMK Negeri 20 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of REZUAN AZLINA NUR BUHORI.pdf]
Preview
Text
REZUAN AZLINA NUR BUHORI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran
Educandy terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Jepang kelas X
PB 1 SMK Negeri 20 Jakarta tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuantitatif eksperimen, dengan teknik pengambilan sampel yaitu
Purposive Sample yaitu sebanyak 16 siswa. Desain penelitian yaitu bentuk One
Group Pre Test – Post Test Design. Analisis data yang digunakan yaitu statistik
deskriptif dan statistik inferensial (1) Uji Validitas, dan (2) Uji Reliabilitas
digunakan untuk memersiapkan instrument yang akan digunakan dalam penelitian.
(3) Uji Normalitas Shapiro-Wilk menghasilkan kedua data berdistribusi normal
berdasarkan pada nilai Sig. Pre-test yaitu sebesar 0.828 dan nilai Sig. Post-test yaitu
sebesar 0.783, jadi kedua data menghasilkan nilai signifikansi lebih besar dari taraf
signifikansi 0.05. (4) Uji Homogenitas Levene menghasilkan data yaitu sebesar
0.982, sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi lebih besar dari taraf
signifikansi 0.05 sehingga disebut homogen. Berdasarkan uji normalitas dan uji
homogenitas di atas, (5) Uji T yang digunakan adalah statistik parametrik Paired
Sampel T-Test, menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) yaitu sebesar 0.000 pada hasil
belajar Pre-test dan hasil belajar Post-test sehingga nilai signifikansi lebih kecil dari
taraf signifikansi atau terdapat perbedaan antara hasil belajar Pre-test dan hasil
belajar Post-test. Apabila disimpulkan bahwa H1 diterima dengan arti bahwa
dengan menggunakan media pembelajaran Educandy memberikan pengaruh yang
signifikan pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Jepang kelas X PB
1 SMK Negeri 20 Jakarta tahun ajaran 2020/2021

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works
L Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:05
Last Modified: 10 Jul 2023 09:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25109

Actions (login required)

View Item View Item