Ramadhan, Fikry dan Utari, Retno (2021) Analisis Id, Ego dan Superego Tokoh Utama Sasaki Miyo dalam Anime Nakitai Watashi wa Neko wo Kaburu Sutradara Junichi Sato. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.
Preview |
Text
Fikry Ramadhan.pdf Download (918kB) | Preview |
Abstract
Struktur kepribadian Sigmund Freud membagi 3 bentuk kepribadian dalam manusia
yang terdiri dari Id, Ego dan Supergo. Dalam anime Nakitai Watashi wa Neko wo
Kaburu, struktur kepribadian ini terdapat dalam diri Sasaki Miyo sebagai tokoh
utama dalam anime tersebut. Terlihat dari tingkah laku serta dialog yang dilakukan.
Nakitai Watashi wa Neko wo Kaburu sutradara Junichi Sato menceritakan tokoh
utama Sasaki Miyo yang dapat menjelma menjadi kucing agar dapat mendapatkan
hati teman sekelasnya yaitu Kento Hinode. Dalam anime ini peneliti ingin mencari
tahu Id, Ego serta Superego yang terdapat dalam tokoh utama. Pada penelitian ini
peneliti menggunakan anime Nakitai Watashi wa Neko wo Kaburu sebagai sumber
data utama serta menggunakan jurnal atau penelitian relavan sebagai sumber data
sekunder . Peneliti menggunakan metode deskriptif analitik untuk menjelaskan
semua adegan yang mempunyai hubungan dengan Id, Ego dan Superego dalam
tokoh utama. Dalam hasil penelitian ini, peneliti menemukan 9 temuan Id, 7 temuan
Ego dan 6 temuan Superego pada tokoh utama Sasaki Miyo. Id terbesar Miyo
adalah ingin menjalin hubungan dengan teman sekelasnya yaitu Kento Hinode,
tetapi Ego yang terjadi adalah pada realitanya Hinode tidak menyukai Miyo,
walaupun demikian Superego Miyo adalah untuk membantu Hinode.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | A General Works L Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 09:05 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 09:05 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25105 |
Actions (login required)
View Item |