Analisi Makna Hosokukata no Setsuzokushi “Chinamini, Nao, dan Mottomo dalam Buku Bahasa Jepang Tingkat Menengah”

Hayati, Azizah Nur dan Masrokhah, Yuni (2021) Analisi Makna Hosokukata no Setsuzokushi “Chinamini, Nao, dan Mottomo dalam Buku Bahasa Jepang Tingkat Menengah”. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of AZIZAH NUR HAYATI.pdf]
Preview
Text
AZIZAH NUR HAYATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna, fungsi, dan penggunaan ketiga
hosokukata no setsuzokushi “chinamini, nao, dan mottomo” dapat saling
menggantikan atau tidak dalam buku bahasa Jepang tingkat menengah. Penelitian
ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang
digunakan dalam pengumpulan data ini adalah teknik studi pustaka dan teknik ganti
serta model Miles dan Huberman sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian yang
ditemukan sebanyak 33 data diantaranya, 5 data chinamini, 21 data nao, dan 7 data
mottomo. Chinamini digunakan untuk menambahkan sesuatu yang relevan dengan
tema utama dari kalimat sebelumnya sebagai tambahan. Nao, digunakan untuk
menambahkan penjelasan, kasus khusus, ketentuan informasi. Mottomo digunakan
untuk menambahkan atau mengoreksi bagian dari kalimat sebelumnya. Adapun
fungsi dari ketiga setsuzokushi tersebut yaitu sebagai kalimat penghubung antar
kalimat yang ditandai dengan posisi kata tersebut berada di awal kalimat setelah
tanda titik pada kalimat sebelumnya yang masih berkaitan. Penggunaan ketiga
hosokukata no setsuzokushi tersebut masing-masing dapat dan tidak dapat saling
menggantikan bergantung pada kondisi tertentu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works
L Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:05
Last Modified: 10 Jul 2023 09:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25102

Actions (login required)

View Item View Item