Ariestianti, Annisa dan Natalia, Ana (2021) Efektivitas Metode Mnemonik Dengan Menggunakan Teknik Kata Kunci Terhadap Kemampuan Membaca Kanji N4 Pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.
Preview |
Text
Annisa Ariestianti.pdf Download (617kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Metode Mnemonik Dengan
Teknik Kata Kunci Terhadap Kemampuan Membaca Kanji N4 Pada Mahasiswa
Semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA. Penelitian
ini menggunakan desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design, dengan
menggunakan metode Quasi Experimental. Sample yang digunakan yakni
mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA semester II
sebanyak 19 orang. Penelitian ini menggunakan teknik sample yaitu Simple
Random Sampling. Berdasarkan hasil perhitungan, nilai rata- rata pre-test yaitu
63.16. Sedangkan untuk nilai rata-rata post-test yaitu 78.42. Kemudian, dari hasil
perhitungan uji t menggunakan program SPSS 25 dengan Paired Sample t-test
dengan taraf signifikansi 0,05, dari hasil perhitungan tersebut diperoleh nilai Sig. (2-
tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hasil dari penelitian, menyatakan bahwa metode
mnemonik dengan teknik kata kunci efektif meningkatkan kemampuan membaca
kanji N4. Berdasarkan hasil angket, dengan menggunakan metode Mnemonik
dengan teknik kata kunci, mahasiswa menjadi semangat, antusias dan aktif dalam
kegiatan pembelajaran kanji N4, kegiatan pembelajaran menjadi lebih
menyenangkan dan memudahkan mahasiswa semester II dalam membaca kanji N4.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | A General Works L Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 09:05 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 09:05 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25101 |
Actions (login required)
View Item |