PENGARUH PENGGUNAAN PHET PADA MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MISKONSEPSI PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN 106 JAKARTA

Aulia, Lina Dinda dan Rahmadhar, Yulia (2022) PENGARUH PENGGUNAAN PHET PADA MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MISKONSEPSI PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN 106 JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Lina Dinda Aulia.pdf]
Preview
Text
Lina Dinda Aulia.pdf

Download (910kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan PhET pada Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Miskonsepsi Pembelajaran Fisika di SMAN 106 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen, dengan rancangan penelitian menggunakan desain “non equivalent control group design”. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 36 peserta didik pada masing-masing kelasnya, baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket deteksi miskonsepsi yang bertolak ukur pada tugas setiap pertemuan sebanyak 25 pernyataan yang sudah melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-
t. Berdasarkan perhitungan didapatkan thitung > ttabel atau 4,99 > 2,030 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Penggunaan PhET pada Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Miskonsepsi Pembelajaran Fisika di SMAN 106 Jakarta. Hal ini juga didukung dengan peningkatan hasil tugas setiap pertemuan dan hasil posttest angket miskonsepsi peserta didik dengan menggunakan PhET pada Model Pembelajarn Blended Learning lebih menurun tingkat miskonsepsi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works
L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:05
Last Modified: 10 Jul 2023 09:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25092

Actions (login required)

View Item View Item